Disebut Sebagai Ban Serep Ridwan Kamil, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Angkat Bicara

"Saya wakil gubernur dan wakil itu tupoksinya jelas. Wakil jangan ingin seperti gubernur dalam kewenangan, dalam yang lainnya. Saya sadar saya wakil.

Disebut Sebagai Ban Serep Ridwan Kamil, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Angkat Bicara
tribunjabar/isep heri
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Tasikmalaya, Sabtu (24/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anggota DPRD Jabar dari Partai Gerindra, Daddy Rohanady, mengatakan pertemuan PPP dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pekan lalu, akan berdampak baik bagi hubungan kedua partai ini, terutama bagi Uu Ruzhanul Ulum dengan Partai Gerindra.

Namun, katanya, pertemuan Uu Ruzhanul Ulum dengan Prabowo ini memunculkan penafsiran beragam dari berbagai pihak.

Ada yang menafsirkan, pertemuan itu bagi Uu Ruzhanul Ulum merupakan gerakan berpaling dari partai-partai lain yang pada Pilgub Jabar 2018 mendukung dirinya dengan Ridwan Kamil.

Ketika menjadi pasangan calon kepala daerah Jabar, katanya, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berada di kubu yang berbeda dengan Gerindra.

Dana Desa Habis, Pembangunan Minim, Warga Demo Menduga Kuwu Tinumpuk Indramayu Korupsi Rp 1 Miliar

PPP pada Pilgub Jabar 2018 menjadi salah satu pengusung Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum, sedangkan Gerindra dan PKS mengusung Sudrajat-Syaikhu.

"Mungkinkah Uu Ruzhanul Ulum merasa tak diberdayakan secara proporsional oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Benarkah ia merasa benar-benar hanya menjadi ban serep. Kalau ya, ini pasti membuat seorang Uu Ruzhanul Ulum yang mantan Bupati Tasikmalaya itu tidak nyaman,"

"Sebagai mantan orang nomor satu yang biasa memainkan segala peran di daerahnya, bisa jadi kini ia merasa kurang optimal mengaktualisasikan konsep pembangunannya," kata Daddy melalui ponsel, Senin (9/9/2019).

Uu Ruzhanul Ulum mengatakan dirinya selama ini memahami fungsi jabatannya sebagai Wakil Gubernur Jabar.

Saat menjadi Bupati Tasikmalaya, katanya, dirinya sangat memahami filosofi dan fisiologi seorang bupati dan wakilnya.

"Adapun orang menafsirkan saya sebagai ban serep, itu ini, itu hak masyarakat. Saya tidak seperti ban serep seperti dalam hal-hal yang lain. Tetapi kalau mewakili gubernur dalam kegiatan kemasyarakatan, pemerintahan, namanya juga wakil. Saat gubernur tidak ada, saya wakili," katanya.

Setahun Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum, Warga Jabar Soroti Desa Digital dan Koordinasi Pemerintahan

Uu Ruzhanul Ulum mengatakan dirinya tidak hanya mewakili Gubernur Jawa Barat, Riwan Kamil, di berbagai acara, tapi diberikan kewenangan dalam berbagai program Bappeda Jabar dan sejumlah dinas lainnya.

Apalagi dalam undang-undang dirinya ditugaskan mengoordinasikan masalaah pengentasan kemiskinan dan koordinasi pemerintahan.

"Saya wakil gubernur dan wakil itu tupoksinya jelas. Wakil jangan ingin seperti gubernur dalam kewenangan, dalam yang lainnya. Saya sadar saya wakil. Dulu juga kalau saya sebagai bupati kalau wakilnya totoloyongan teu puguh saya cepret," katanya.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Minta Pesantren Melek Teknologi, Ini Tujuannya

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved