Tingkatkan Indeks, Bunda Literasi Jabar: Sebulan Sekali Kami Keliling Menyebarkan Virus Ini

Berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan kesukaan masyarakat terhadap membaca atau literasi terus didorong oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Tribun Jabar/Haryanto
Bunda Literasi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil saat menjadi pembicara pada acara Book Park 2019 di Cihampelas Walk, Bandung pasa Minggu (8/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan kesukaan masyarakat terhadap membaca atau literasi terus didorong oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bunda Literasi Jabar, Atalia Praratya Kamil mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan karena pihaknya menganggap literasi sangatlah penting.

Seperti halnya acara yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Jabar di Cihampelas Walk yang bertajuk Book Park 2019.

Wali Kota Bogor Bima Arya Dukung Rencana Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat

Puasa Tasua dan Puasa Asyura Mulai Besok dan Lusa, Simak Jadwal Lengkap Puasa Lainnya Bulan Muharram

Viral, Gadis Imut Ini Berprofesi Ojek Online, Menarik Perhatian Karena Baby Face Banget

Kegiatan itu adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi kepada masyarakat Jabar.

Selain itu, Atalia menggelar program literasi keliling yang dilakukan olehnya bersama jajarannya dengan tujuan serupa.

"Setiap satu bulan sekali, kami keliling kota kabupaten di Jabar untuk menyebarluaskan virus literasi ini. Salah satunya acara ini, ini upaya," kata Atalia saat ditemui disela acara pada Minggu (8/9/2019).

Guna meningkatkan indeks kegemaran literasi, wanita yang akrab disapa Ibu Cinta itu telah menyiapkan rangkaian kegiatan di tahun 2019 ini.

Hal itu, kata Atalia adalah upaya bagi masyarakat agar bisa lebih dekat dengan dunia literasi, khususnya buku.

Istri dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil itu mengatakan bahwa pada acara Book Park 2019 itu digelar juga lomba mendongeng.

Lomba tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yang masih TK dan SD se-Jabar.

Mendongeng menurut Atalia adalah salah satu cara mudah mengenalkan literasi kepada anak-anak sejak dini.

"Mereka bisa mendongeng dengan baik karena dididik oleh oranh tuanya dengan mendongeng secara baik. Harapan dari saya apa yang bisa kami lakukan saat ini adalah membuat pondasi yang kokoh dan kuat agar anak-anak bisa menjadi generasi pembelajar, yang dimulai dari membaca," ujar dia.

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved