TKI asal Purwakarta Minta Bantuan Presiden Jokowi, Begini Respons Pemkab Purwakarta

Dalam media sosial Facebook, Tuti Nurhayati curhat kepada Presiden Jokowi agar bisa dipulangkan ke Tanah Air dari Arab Saudi.

TKI asal Purwakarta Minta Bantuan Presiden Jokowi, Begini Respons Pemkab Purwakarta
Istimewa
Tangkapan layar dari video viral di media sosial, Tuti Nurhayati, TKI asal Kabupaten Purwakarta yang minta bantuan dipulangkan dari Saudi Arabia. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta tengah berupaya memulangkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kecamatan Maniis, Purwakarta, Tuti Nurhayati.

Dalam media sosial Facebook, Tuti Nurhayati curhat kepada Presiden Jokowi agar bisa dipulangkan ke Tanah Air dari Arab Saudi.

Menanggapi hal itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan telah menginstruksikan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta untuk membantu kepulangan Tuti Nurhayati.

"Dapat laporan, hari itu juga, saya instruksikan untuk membantu mengurus (kepulangan TKI itu," ujar Anne Ratna Mustika dari keterangan tertulis yang diperoleh Tribun Jabar, di Kabupaten Purwakarta, Kamis (5/9/2019).

Anne menuturkan pihaknya akan memfasilitasi TKI yang kesulitan untuk pulang.

Bukan hanya untuk Tuti Nurhayati, ucapnya, tapi berlaku bagi TKI yang berangkat sebelum moratorium pada 2008.

Banyak Calo Penyalur TKI ke Luar Negeri Berkeliaran, Begini Kata SBMI Indramayu

TKI Dilarang Bekerja Informal di Negara-Negara Timur Tengah, Ini Alasannya

"Wajib fasilitasi tapi yang berangkatnya sebelum moratorium diberlakukan. Pemda sudah sejak lama mengeluarkan aturannya dan hari ini tetap berlaku," katanya.

Kepala Disnakertrans, Titov Firman mengatakan pihaknya tengah melakukan penelusuran terhadap Tuti Nurhayati.

Bahkan mengklaim telah koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Konsulat Jendral di Jeddah.

"Untuk yang Bu Tuti, tim sedang melakukan penelusuran, terutama posisinya di mana. Kami langsung koordinasi dengan KBRI dan Konsulat di sana," ujarnya.

Menurutnya, penelusuran juga dilakukan terhadap video Tuti Nurhayati untuk mengetahui dari video itu berasal.

"Kami cek ricek dulu, ternyata yang memegang akun tersebut anaknya. Kami sedang kumpulkan data-data. Setelah itu kami hubungi BNP2TKI dan pihak KBRI Jeddah untuk mengurus kepulangannya," katanya.

Dalam video 50 detik tersebut, Tuti Nurhayati disebut sebagai warga asal Kecamatan Maniis.Ia meminta tolong kepada Presiden Jokowi untuk dipulangkan setelah 11 tahun berada di Saudi Arabia.

Penulis: Ery Chandra
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved