Kemenperin Salurkan Bantuan Peralatan Mesin untuk Para Santri Ponpes Darul Fatwa

Ratusan santri dan santriwati di Kabupaten Sumedang mendapat pembekalan ilmu wirausaha dari Dirjen IKM dan Aneka Kementerian Perindustrian

Kemenperin Salurkan Bantuan Peralatan Mesin untuk Para Santri Ponpes Darul Fatwa
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Ratusan santri dan santriwati di Kabupaten Sumedang mendapat pembekalan ilmu wirausaha dari Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) ‎di Hotel Puri Katulistiwa, Jalan Raya Jatinangor, Sumedang Kamis (5/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Ratusan santri dan santriwati di Kabupaten Sumedang mendapat pembekalan ilmu wirausaha dari Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) ‎di Hotel Puri Katulistiwa, Jalan Raya Jatinangor, Sumedang Kamis (5/9/2019).

Para santri ini mayoritas duduk di bangku SMK dan sebagian kecil SMA. Para santri ini berasal dari Ponpes Darut Fatwa, Sumedang.

"Tadi dapat pembekalan ilmu otomotif dan teknik komputer jaringan," ujar Taufan (17), santri Ponpes Darul Fatwa, Sumedang.

Gandeng BBPLK Bandung dan BBPP Bekasi, Pertamina Lubricants Berkomitmen Cetak Wirausaha Mandiri

Perwira Fokus Cetak Perempuan Wirausaha Muda Dimulai dari Kampus

Dukung Reposisi Kurikulum SMK, Anggota DPRD Terpilih Ini Dorong Pelatihan Wirausaha untuk Bobotoh

Kata dia, pembekalan itu sudah diajarkan di sekolah. Taufan selain sebagai santri, juga siswa SMK swasta di Kabupaten Sumedang. Bidang jurusan yang ia jalani teknik otomotif.

"Kalau di sekolah mah otomotif tapi tadi disini diberi bekal ilmu berwira usaha kalau setelah lulus sekolah. Senang dapat ilmu baru," ujar Taufan.

Direktur Ditjen Ikma Endang Suwartini mengatakan, pembekalan ini untuk menumbuhkan pionir-pionir wirausaha dari kalangan santri maupun santriwati.

"Pondok pesantren merupakan wilayah pendidikan yang tidak hanya mencakup pendidikan agama dan moralitas, namun juga pendidikan formal sampai dengan pendidikan kewirausahaan," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Kementerian Perindustrian juga memberikan bantuan peralatan perbengkelan roda dua. Para santri selama tiga hari ke depan akan diberi pembinaan dan bimbingan.

"Fasilitas peralatan yang diberikan berupa kompresor, scanner injection, charger accu, mesin nirogen, bike lift, mesin pembuka ban dan tool set drawer masing -masing sebanyak 2 unit," kata dia.

Endang mengatakan, Ditjen Ikma sudah membina 33 pondok pesantren selama 2013-2019 dengan 7 ribu santri diberi pelatihan produksi dan motivasi, produksi,pemasaran, pengolahan air minum hingga produksi pu‎puk organik.

Berdasarkan sensus Kementrian Agama ditahun 2014-2015, jumlah pondok pesantren di indonesia diperkirakan sebanyak 28.961 yang terbesar di seluruh wilayah Indonesia dengan total santri sekitar 4.028.660 santri.

Dari total 28.961 pondok pesantren sekitar 23.331pondok pesantren (80%) diantaranya tersebar di Jawa Barat, Jawa Timur Jawa Tengah dan Banten.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved