Gandeng BBPLK Bandung dan BBPP Bekasi, Pertamina Lubricants Berkomitmen Cetak Wirausaha Mandiri

PT Pertamina Lubricants kembali meluncurkan program pelatihan dan entrepreneurship perbengkelan roda dua Enduro Student Program.

Gandeng BBPLK Bandung dan BBPP Bekasi, Pertamina Lubricants Berkomitmen Cetak Wirausaha Mandiri
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Direktur Keungan PT Pertamina Lubricants, Andre Herlambang (ketiga kiri) bersama Tuti Haryanti (Plt Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bandung) dan Chairul Fadhly Harahap (Kepala Balai Besar Peningkatan Produktivitas Bekasi, kedua kiri) meninjau bengkel praktik kerja di BBPLK Bandung, Jalan Gatot Subroto, Rabu (4/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Pertamina Lubricants kembali meluncurkan program pelatihan dan entrepreneurship perbengkelan roda dua Enduro Student Program. Program ini dalam rangka menciptakan tenaga muda produktif dan mandiri Indonesia.

Program ini dimulai dengan penandatanganan Perjanjian kerjasama (PKS) antara PT Pertamina Lubricants dan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung dan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi di bawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia sebagai tempat Pelatihan Terintegrasi Kewirausahaan Kejuruan Otomotif Mekanik Sepeda Motor, Rabu (4/9/2019).

Direktur Finance & Business Support PT Pertamina Lubricants, Andre Herlambang, mengatakan bahwa Enduro Student Program merupakan program CSR unggulan PT Pertamina Lubricants dengan menggunakan pendekatan Creating Shared Value (CSV) yang telah dilaksanakan di dua wilayah yaitu Ring I Production Unit dan 5 Sales Region PT Pertamina Lubricants sejak tahun 2016.

Perwira Fokus Cetak Perempuan Wirausaha Muda Dimulai dari Kampus

Dorong Wirausahawan Muda Berkembang, Instagram Gelar Akademi Instagram

Program ini telah menciptakan 84 bengkel mandiri dan 84 bengkel mitra berwawasan lingkungan serta mencetak lebih dari 255 orang wirausahawan bengkel mandiri dengan melibatkan lebih dari 100 SMK.

"Tahun 2019 merupakan tahun ke-4 pelaksanaan Enduro Student Program setelah sebelumnya program ini dilaksanakan di Cilacap pada tahun 2016, di Gresik, Lamongan, Blora, Tuban dan Bojonegoro juga pada tahun 2017 dan Makassar, Semarang, Demak, Bojonegoro, Madiun, Kupang Larantuka dan Adonara pada tahun 2018," tutur Andre di sela PKS PT Pertamina Lubricants dengan BBPLK Bandung BBPP Bekasi, di Jalan Gatot Subroto, Rabu (4/9/2019).

Menurut Andre, Program ini merupakan komitmen PT Pertamina Lubricants untuk mendukung kemandirian tenaga muda produktif Indonesia dibidang otomotif. Enduro Student Program diharapkan dapat menciptakan kemandirian masyarakat secara berkelanjutan dan para peserta dapat terus membangun mimpi dan masa depan mereka, dapat membuka lapangan pekerjaan serta membangun ekonomi setempat dan menjadi inspirator bagi rekan-rekan mereka.

Enduro Student Program merupakan program dengan rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri, khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi lulusan siswa-siswi SMK dan sederajat yang terdiri dari beberapa tahapan pelatihan.

Pertama, peserta akan mengikuti pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor di BBPLK Bandung selama 5 minggu. Selanjutnya peserta akan melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants dimana peserta akan menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

Pada tahap magang, peserta benar-benar diajak terjun langsung secara real untuk belajar teknis keterampilan bengkel sepeda motor, sekaligus belajar menjalankan bisnis bengkel skala kecil dan medium.

Pada tahap akhir, peserta akan melalui proses penilaian untuk dipilih peserta terbaik dan akan diberi bantuan modal in-kind alat perbengkelan dari PT Pertamina Lubricants untuk memulai membuka usaha bengkel mandiri secara berkelompok serta diberi pendampingan selama proses memulai usahanya.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan dan segenap jajaran di lingkungan BBPLK Bandung dan BBPP Bekasi atas kerjasama yang baik ini, dan juga kepada Bapak Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atas kehadiran dan dukungannya dalam kegiatan Enduro Student Program ini, Semoga sinergi ini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat, khusunya bagi anak-anak kita lulusan SMK, sehingga kelak mereka dapat berhasil menjadi entrepreneur-entrepreneur muda yang mandiri dan bahkan sukses membuka lapangan kerja baru,” kata Andre.

Turut hadir dalam acara ini Bambang Satrio Lelono (Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan), Tuti Haryanti (Plt. Kepala BBPLK Bandung), Chairul Fadhly Harahap (Kepala BBBPP Bekasi), Iwan Ridwan (Faizal Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants), dan Rinda Raharjo (Sr. Sales Executive Retail PT Pertamina Lubricants Kota Bandung). (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved