Pemprov Jabar Perbaiki 15 Ribu Rutilahu pada Tahun Ini

Pemerintah Provinsi Jawa Barat ( Pemprov Jabar ) akan merehabilitasi 15.000 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) pada 2019.

Dokumentasi Tribun Jabar
Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar Dicky Saromi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat ( Pemprov Jabar ) akan merehabilitasi 15.000 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) pada 2019.

Jumlah itu merupakan bagian dari 189.000 unit rutilahu yang akan direhabilitasi oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jabar selama masa kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar Dicky Saromi mengatakan anggaran untuk merehabilitasi 15.000 unit rutilahu tersebut sebesar Rp 262,5 miliar.

Jumlah rutilahu kebanyakan berada di Priangan Timur di antaranya Kabupaten Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.

"30 persen ada di Priangan Timur selebihnya menyebar di kota kabupaten lainnya," Ujar Dicky Saromi pada kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Selasa (3/9/2019).

Menurut Dicky Saromi, anggaran perbaikan rutilahu tersebut akan disalurkan melalui skema bantuan sosial langsung kepada pemilik rumah melalui BKM atau badan swadaya di kecamatan.

Punya Rumah Baru, Pasutri Lansia di Majalengka Ini Tak Lagi Kedinginan, Program Rutilahu TNI

Pemkab Bandung Klaim Telah Memperbaiki 2.432 Unit Rutilahu di Kabupaten Bandung

Masing-masing keluarga akan mendapatkan bantuan rehabilitasi Rp 17,5 juta.

Dicky menambahkan, pihaknya secara bertahap akan menuntaskan perbaikan rehabilitasi rutilahu di Jabar. Tahun 2020 pun akan ada program yang sama namun pihaknya belum bisa memastikan jumlah penerima bantuan tersebut.

Selain rutilahu, dinas ini pun akan memiliki program untuk rusun transit milik Jabar yang saat ini berada di empat titik yaitu di Ujungberung, Rancaekek, Batujajar, dan Solokanjeruk. Rusun transit tersebut diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved