Seniman di Garut Minta Gedung Kesenian Representatif

Seniman di Garut berharap pemerintah bisa membangun tempat pertunjukan seni yang representatif.

Seniman di Garut Minta Gedung Kesenian Representatif
Dok.Tribun Jabar
Iluistrasi: Suasana di Garut kota 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Seniman di Garut berharap pemerintah bisa membangun tempat pertunjukan seni atau Gedung Kesenian yang representatif. Garut belum memiliki gedung pertunjukan yang memadai untuk panggung seni.

Fahrurl S Jaladri dari Himpunan Sastrawan dan Dramawan Garut (Hisdraga), mengatakan, hingga kini belum ada gedung yang representatif untuk digunakan pertunjukan. Padahal seniman di Garut memiliki kualitas.

"Seperti Gedung Bale Paminton jika digunakan untuk pementasan harus dirombak lagi. Dari sisi akustiknya, panggung, dan banyak hal lainnya," kata Fahrurl, Minggu (1/9/2019).

Perbaikan Gedung Bale Paminton hanya dilalukan di bagian luar. Sedangkan bagian dalam gedung, dibiarkan seperti dulu. Keberadaab gedung tersebut tak cocok dijadikan tempat pementasan.

Tidak hanya itu, ia pun menyoroti mangkraknya Gedung Art Center yang dibangun Pemkab Garut di kawasan Ciateul. Menurutnya, arsitektur gedung yang diperuntukkan pentas seni itu dinilainya kurang cocok.

Seharusnya, Pemkab Garut bisa mencontoh Gedung Sabilulungan milik Pemkab Bandung di Soreang. Dengan anggaran yang ada, Garut seharusnya bisa memiliki gedung kesenian yang representatif.

"Kalau gedung teater atau untuk pentas seni itu harusnya seperti bioskop. Kursi penonton semakin ke belakang semakin tinggi. Gedung yang belum beres itu datar, jadi seakan-akan ujungnya dipakai untuk hajatan," ucapnya.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan, pihaknya telah menerima masukan dari para seniman terkait konsep gedung kesenian. Termasuk Bale Paminton dan Gedung Art Center.

Helmi menambahkan, akan meminta dinas terkait untuk kembali menata gedung kesenian. Nantinya bisa mewadahi kreativitas para seniman.

"Kami akan panggil dinas untuk tata kembali khusus di Bale Paminton. Sementara untuk Art Center mudah-mudahan selesai tahun ini. Kami akan bangun bagian halamannya, pagar juga bangunannya," katanya. (firman wijaksana)

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved