Gelombang Aksi Solidaritas Papua Berlanjut di Bandung

Dalam aksinya, mereka menegaskan tidak rela Papua lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gelombang Aksi Solidaritas Papua Berlanjut di Bandung
Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Sekitar 200 warga yang tergabung dalam Aliansi Pajajaran Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa peduli Papua di depan Gedung Sate, Sabtu (31/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gelombang solidaritas untuk masyarakat Papua sekaligus penolakan terhadap provokasi pemecah belah bangsa terus berlanjut di Bandung.

Setelah tiga aksi unjuk rasa serupa digelar kelompok mahasiswa dalam seminggu ini, kini sekitar 200 warga yang tergabung dalam Aliansi Pajajaran Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa peduli Papua di depan Gedung Sate, Sabtu (31/8/2019).

Dalam aksinya, mereka menegaskan tidak rela Papua lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain berorasi di atas mobil komando, mereka juga terus mengibarkan Bendera Merah Putih dan terus meneriakkan yel-yel bahwa Papua adalah NKRI.

"Kami tidak rela Papua lepas dari NKRI karena Papua adalah bagian dari NKRI. Kami tidak rela nasib Papua seperti Timor Timur. Cukup Timor Timur yang terlepas dari NKRI," kata seorang orator, Yesaya Uas, di sela aksi unjuk rasa.

Yaseya yang juga warga Papua dan telah lama tinggal di Jabar itu melanjutkan, peristiwa lepasnya Timor Timur harus jadi pelajaran berharga bagi Indonesia.

Saat itu, kata dia, pemerintah telah berupaya memperjuangkan agar Timor Timur tidak melepaskan diri, namun akhirnya Indonesia harus kehilangan Timor Timur.

"Maka sekarang, kami yang tergabung dalam Aliansi Padjadjaran Jawa Barat tidak rela Papua lepas dari Indonesia karena ditunggangi oleh oknum-oknum luar," katanya.

Aksi solidaritas tersebut, lanjut Yesaya, didasari alasan kondisi mencekam di Tanah Papua belakangan ini.

Terjebak 2 Hari, Seribuan Pengunjuk Rasa Dievakuasi dari Kantor Gubernur Papua

Wiranto Sebut Pemerintah Sudah Tahu Pihak yang Tunggangi Kerusuhan di Papua

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved