Breaking News:

VIDEO Kertasemaya Menjadi Kampung Jangkrik di Indramayu, Budidaya Jangkrik Untung Berkali-Kali Lipat

Budidaya jangkrik di musim kemarau menjadi berkah sekaligus tantangan tersendiri bagi para peternak jangkrik

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Budidaya jangkrik di musim kemarau menjadi berkah sekaligus tantangan tersendiri bagi para peternak jangkrik di Desa/Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu.

Seorang peternak jangkrik di Blok Rengaspayung, Desa/Kecamatan Kertasemaya, Rasilah (45) mengatakan, di musim kemarau permintaan pasar terhadap jangkrik meningkat tajam sekaligus meningkatnya harga jual.

"Alhamdulillah sekarang sedang tinggi harganya, satu kilogram mencapai Rp 40 ribu," ujar dia saat ditemui Tribuncirebon.com di peternakan jangkrik miliknya, Rabu (28/8/2019).

Meski harga jangkrik tinggi, namun risiko pun ikut meningkat. Disebutkan Rasilah, banyak jangkrik yang mati pada musim kemarau.

Oleh karenanya, butuh ketekunan dan perawatan ekstra untuk merawat jangkrik-jangkrik di musim kemarau.

"Jangkrik itu suka suasana yang lembab jadi suhunya harus diatur antara 28 derajat dan paling tinggi 35 derajat," ujar dia.

Kemarau Bikin Debit Air Waduk Saguling Menyusut, Dulu Terendam Kini Bisa Dipakai Jalan Kaki

Lain halnya dengan perawatan jangkrik di musim penghujan yang jauh lebih mudah. Dijelaskan Rasilah di musim penghujan tidak perlu perawatan khusus.

Meski terbilang sangat mudah, namun harga jual jangkrik dipasaran pun ikut merosot, yakni hanya Rp 15 ribu per kilogramnya.

Selain harga yang merosot, permintaan pun turut merosot hingga berkali-kali lipat. Diakui Rasilah, merosotnya harga dan permintaan itu dikarenakan banyaknya peternak-peternak jangkrik yang mengalami panen besar.

Bus Terguling di Cugenang Cianjur, Tiga Orang Luka-luka, Ini Penyebabnya

"Kalau musim kemarau permintaannya 10 sampai 20 kilogram, kalau musim penghujan 1 sampai 2 kilogram, kita juga sampai kewalahan, pangsa pasarnya naik," ucap dia.

Caption: Rasilah petani jangkrik di Blok Rengaspayung, Desa/Kecamatan kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Rabu (28/8/2019).

Penulis: Handhika Rahman
Video Production: Wahyudi Utomo

Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved