Bappeda Jabar Sudah Datangi Tegalluar, Minta Lahan 75 Hektare untuk Pemindahan Ibu Kota

Bappeda Jabar sudah datangi Tegalluar. Minta lahan 75 hektare untuk pemindahan ibu kota.

Bappeda Jabar Sudah Datangi Tegalluar, Minta Lahan 75 Hektare untuk Pemindahan Ibu Kota
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Kades Teggalluar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, TEGALLUAR - Desa Tegalluar menyiapkan lahan seluas 75 hektare terkait rencana perpindahan ibu kota Provinsi Jawa Barat ke Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

"Luas Desa Tegalluar itu semuanya 756 hektare. Sedangkan kebutuhan untuk ibukota itu hanya 75 hektare. Untuk 75 hektare kami Insya Allah kami siap lokasinya ada dan representatif," ujar Kepala Desa Tegalluar Galih Hendrawan kepada wartawan di Kantor Desa Tegalluar, Jumat (30/8/2019).

Menurutnya, Kamis (29/08/2019) kemarin Tim Panitia Khusus (pansus) DPRD Provinsi Jabar didampingi Bappeda Provinsi Jawa Barat berkeunjung ke Desa Tegalluar untuk meninjau lokasi Tegalluar.

Galih penambahkan wilayah Tegalluar sangat strategis bila digunakan sebagai ibu kota baru. Hal itu ditunjang dari infrastruktur yang saat ini telah dibangun pemerintah.

"Jadi ada dua lokasi, yang ada di barat berdekatan denagan Flyover Gedebade dan dekat dengan proyek pembangunan Tol Cigatas dan Cisumdawu," ujarnya.

"Adapun di wilayah timur berupa lahan persawahan masih sangat luas ini berdekatan dengan pembangunan TOD Kereta Cepat. Insya Allah kami siap menyiapkan lahan untuk ibu kota Jabar," ucap Galih Hendrawan.

Ia berujar, masyarakat Tegalluar sangat antusiasme menyambut wacana pemindahan ibukota ke kawasan Tegalluar.

wilayah Tegalluar yang jadi calon ibu kota Jabar
wilayah Tegalluar yang jadi calon ibu kota Jabar (Capture Google Maps)

Dilihat dari sisi ekonomi, jika ibu kota Provinsi Jawa Barat pindah ke Tegalluar itu akan menumbuhkan perekonomian dan pembangunan di Tegalluar.

Galih mengakui jika Tegalluar merupakan kawasan yang rawan terendam banjir.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved