Satu Calon Haji asal Ciamis Meninggal di Mekkah, 3 Orang Lain Pulang Duluan ke Ciamis

Seorang calon haji Kloter 61 JKS asal Lumbung, Ciamis, Mahfud Sudira (79), meninggal dunia di RS An Nur Mekkah

Satu Calon Haji asal Ciamis Meninggal di Mekkah, 3 Orang Lain Pulang Duluan ke Ciamis
Tribunnews/Muhammad Husein Sanusi/Makkah
Suasana jemaah haji Indonesia menunggu antrean bus shalawat di Terminal Syib Amir, Makkah, Minggu (21/7/2019) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS– Seorang calon haji Kloter 61 JKS asal Lumbung, Ciamis, Mahfud Sudira (79), meninggal dunia di RS An Nur Mekkah Senin (28/9/2019) malam karena sakit.

Almarhum berangkat ke Tanah Suci bersama isterinya tergabung dalam KBIH Nurul Huda Panjalu. Jenazah almarhum dimakamkan di Mekkah.

“Almarhum meninggal di RS An Nur Mekkah Senin (26/8/2019) malam karena sakit,” ujar Kasi Pelaksanaan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Ciamis, H Asep Lukman Hakim S.Ag kepada Tribun Selasa (27/8).

Almarhum Mahfud Sudira merupakan salah seorang dari 404 orang jemaah haji Kloter 61 JKS asal Ciamis yang berangkat dari Ciamis, Rabu (24/7/2019) ke Tanah Suci Mekkah.

Jadwal kepulangan jemaah haji Kloter 61 JKS pada 5 September mendatang.

Dari 1.114 jemaah haji asal Ciamis yang terbagi dalam 3 kloter, menurut Asep, yang dilaporkan meninggal dunia baru seorang, yakni atas nama Mahfud Sudira asal Lumbung tersebut.

VIDEO 47 Orang Jemaah Haji asal Jabar Meninggal Dunia di Arab Saudi

Pelukan Haru Sambut Jemaah Haji Sumedang, Ada Satu Jemaah Kloter 16 yang Meninggal di Tanah Suci

Dan dari 3 kloter jemaah haji asal Ciamis tersebut baru Kloter 8 JKS yang sudah pulang dari Tanah Suci dan tiba di Ciamis Minggu (19/8/2019) lalu.

Kloter 8 JKS asal Ciamis saat berangkat dari Ciamis sebanyak 402 orang berikut 6 petugas pendamping dan ketika tiba kembali di Ciamis sebanyak 402 orang plus 6 petugas pendamping.

Sementara dua kloter lainnya yakni Kloter 53 JKS (308 orang) dijadwal tiba kembali di Ciamis pada 3 September dan Kloter 61 JKS (404 orang) pada 5 September.

Dua orang jemaah haji dari Kloter 61 JKS ini sudah pulang duluan dari kloternya. Mereka dititipkan ke rombongan Kloter 3 JKS asal Kabupaten Bandung yang tiba di Tanah Air pada Sabtu (17/8/2019) lalu.

“Keduanya sudah ada di Ciamis yakni seorang dari Banjarsari dan seorang lagi dari Ciamis (kota). Juga tadi sore (Selasa, 27/8) sesudah datang seorang calon haji Kloter 53 JKS asal Ciamis  dari Kawali, dititipkan ikut rombongan Kloter 34 JKS asal Cianjur,” tambah Asep.

Ketiga jemaah haji yang dipulangkan lebih dulu dari rombongan kloternya tersebut, menurut Asep, karena kondisinya sakit dan sudah tua (manula).

“Mereka pulang dititipkan ke kloter daerah lain. Pulang ke Ciamis dari embarkasi dengan menggunakan mobil ambulan, diantar langsung ke rumah masing-masing. Ada 3 orang jemaah haji asal Ciamis yang pulang lebih dulu dari kloternya,” katanya.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved