Gempa Guncang Garut, Terdengar Suara Ledakan di Gunung Guntur, Begini Teknis Penyelamatannya

Gempa 6 skala richter mengguncang Kampung Naringgul, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler.

Gempa Guncang Garut, Terdengar Suara Ledakan di Gunung Guntur, Begini Teknis Penyelamatannya
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Para relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler mengevakuasi warga yang terluka saat simulasi penanganan bencana di kawasan Cilopang, Rabu (28/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Gempa 6 skala richter mengguncang Kampung Naringgul, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler. Warga pun berlarian untuk menyelamatkan diri ke lapangan terbuka.

Seusai gempa, terdengar suara ledakan dari Gunung Guntur. Jarak dari Desa Rancabango ke Gunung Guntur hanya sekitar lima kilometer.

Warga pun banyak yang terjatuh karena panik setelah bencana terjadi. Para relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Rancabango pun sigap menangani warga yang terluka.

Penanganan bencana tersebut merupakan simulasi yang dilakukan Taruna Siaga Bencana (Tagana) saat penutupan Jambore KSB Jawa Barat di kawasan Cilopang, Desa Rancabango.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan penanganan bencana harus dipahami semua kalangan. Para relawan pun perlu pelatihan agar lebih siap saat bencana melanda.

"Apalagi Garut itu salah satu daerah rawan bencana bersama Kabupaten Bandung. Dilihat ada tiga sampai empat bencana per hari. Jadi perlu ada penanganan," ucap Uu usai penutupan Jambore KSB, Rabu (28/8/2019).

Jelang Persib vs PSS Sleman, Kevin van Kippersluis Gatal Ingin Jalani Debut, Janji Layani King Eze

Kemahiran para relawan juga harus ditingkatkan dengan melakukan pelatihan. Jika hanya teori, saat bencana terjadi akan kaku dalam penanganannya.

"Mentalnya juga berbeda kalau sering simulasi. Bisa lebih profesional. Jambore ini diikuti oleh 21 kabupaten/kota se Jabar," ujarnya.

Secara umum, semua wilayah di Jabar jadi perhatian penanganan bencana. Tapi ada beberaap kabupaten yang jadi prioritas karena sering terkena bencana.

"Garut, Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Tasikmalaya itu jadi prioritas. Meski semuanya tetap diperhatikan," katanya.

Uu juga mendorong kabupaten/kota lain untuk memiliki KSB. Inisiasi tersebut bisa dilakukan pemerintah daerah untuk mengembangkan KSB.

Persija Jakarta vs PSM Makassar, Link Live Streaming Indosiar di TV Online, Ancam Persib Bandung

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved