Deretan Saran Nama Ibu Kota Baru, Ada yang Gunakan Bahasa Sansekerta, Minta Tak Sisipkan Nama Jokowi

Pengumuman Presiden Joko Widodo ( Jokowi) memindahkan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur (Kaltim) juga disikapi oleh netizen di media sosial.

Deretan Saran Nama Ibu Kota Baru, Ada yang Gunakan Bahasa Sansekerta, Minta Tak Sisipkan Nama Jokowi
Kementerian PUPR via Kompas.com
Kawasan inti pusat pemerintahan ibu kota negara. 

TRIBUNJABAR.ID - Pengumuman Presiden Joko Widodo ( Jokowi) memindahkan ibu kota baru Indonesia ke Kalimantan Timur (Kaltim) juga disikapi oleh netizen di media sosial.

Sejak pernyataan yang disampaikan Senin (26/8/2019) itu, warganet Tanah Air sudah memberikan berbagai usulan nama calon ibu kota baru yang pembangunannya bakal dimulai tahun depan.

Dilansir Reuters Selasa (27/8/2019), "Saint Jokoburg" dan " Jokograd" masuk dalam 11 usulan nama ibu kota baru Indonesia yang diunggah akun Twitter @Enggalpm.

"Semoga mereka mempertimbangkan," ujar salah seorang netizen mengomentari pemindahan ibu kota yang diprediksi menelan dana hingga Rp 466 triliun itu.

Saran, baik serius maupun ringan, mewarnai media sosial setelah Presiden Jokowi mengatakan bakal memindahkannya pada 2024 dari Jakarta yang berada di Jawa.

Lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur itu bakal berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utama dan Kabupaten Kutai Kartanegara, demikian merujuk pada pernyataan Jokowi.

"Mandalanusa", yang memiliki arti pusat kepulauan, merupakan satu usulan nama lain untuk calon ibu kota menurut akun Twitter bernama @IDThalamus.

Deretan Nama Ibu Kota Baru Indonesia yang Diusulkan Netizen, dari Saint Jokoburg hingga Mandalanusa

JUARA GRAND FINAL Dstar Indosiar 2019, Fildan Bawakan Lagu Judi, Rara Nyanyi Gerimis Melanda Hati

Usulan itu mencerminkan fakta bahwa lokasinya berada di pusat geografi negara dengan 17.000 pulau membentang di area seluas lebih dari 5.000 km persegi.

Kementerian PPN/Bappenas mengatakan, nama ibu kota baru belum ditentukan.

Sementara juru bicara Kementerian Dalam Negeri tidak memberi komentar.

Halaman
1234
Editor: Fidya Alifa Puspafirdausi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved