Kepala PVMBG Sebut Erupsi Gunung Tangkubanparahu Kali Ini Terlama, Hingga Kini Masih Berlangsung

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani menyebutkan erupsi Gunung Tangkubanparahu

Kepala PVMBG Sebut Erupsi Gunung Tangkubanparahu Kali Ini Terlama, Hingga Kini Masih Berlangsung
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani menyebutkan erupsi Gunung Tangkubanparahu kali ini merupakan yang paling lama jika dibandingkan dengan erupsi beberapa tahun lalu.

Ia mengatakan, pemicu dari erupsi yang cukup lama itu karena sejak satu bulan yang lalu aktivitasnya sudah tinggi, sehingga kondisi Gunung Tangkubanparahu hingga saat ini masih terus mengalami erupsi.

"Ini (erupsi) memang cukup lama ya, karena waktunya sudah mencapai satu bulan. Aktivitasnya masih tinggi, tapi rekomendasi jarak amannya masih pada radius 1,5 kilometer," ujarnya saat ditemui di Pos Pantau Gunungapi Tangkubanparahu, Selasa (27/8/2019).

Aktivitas Vulkanik Gunung Tangkubanparahu juga hingga saat ini masih terjadi gempa tremor yang terekam dari seismograf dengan amplitudo 15 hingga 40 milimeter dan dominan 20 milimeter.

"Dari sisi deformasi, seismisitas mengalami peningkatan sehingga terjadi erupsi pada 26 Juli 2018 yang lalu, kemudian pada 2 Agustus erupsi lagi sampai sekarang," katanya.

Istri Narapidana Terorisme Dapat Bantuan Mesih Jahit dari Polisi, Mau Dipakai Bikin Celana Legging

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang mantau ke pos pemantuan Gunungapi Gunung Tangkubanparahu, mengatakan, hingga saat ini statusnya masih level II Waspada dengan radius jarak aman 1,5 kilometer.

"Kalau untuk penurunan status menjadi normal tergantung aktivitasnya, kalau itu (erupsi) sudah tidak terjadi lagi baru kita akan turunkan," ucapnya.

Sudah 2 Tahun Jalan Tanjungsari-Cijambu Rusak Parah, Tak Kunjung Diperbaiki

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved