Indramayu

VIDEO Kambing-kambing di Karangsong Indramayu Makan Sampah

Pasalnya, kambing-kambing itu dilepasliarkan oleh pemilik ternak tanpa pengawasan. Mereka bahkan terlihat memakan sampah yang ada di pinggir

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU- Kondisi memprihatinkan dialami kambing-kambing di Blok Wanasari, Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Pasalnya, kambing-kambing itu dilepasliarkan oleh pemilik ternak tanpa pengawasan. Kambing-kambing itu bahkan terlihat memakan sampah yang ada di pinggiran jalan.

Pantauan Tribuncirebon.com, ada puluhan kambing yang berkeliaran. Mereka hilir mudik mencari makanan apa saja yang bisa dimakan semisal rerumputan kering, bahkan sampah sekalipun.

Ketua RT 04/02 Blok Wanasari, Desa Karangsong, Rina (50) mengatakan, kambing-kambing itu milik salah seorang warga setempat. Meski berjumlah banyak, tapi kambing-kambing itu tidak diurus oleh pemiliknya.

"Sudah lama ada tahunan dilepasliarkan tiap hari selalu berkeliaran. Tak punya kandang mungkin," ujarnya saat ditemui Tribuncirebon.com, Senin (26/8/2019).

Pantauan Tribuncirebon.com, kambing-kambing itu bergerombol mencari makan ke tanah-tanah lapan namun pemilik kambing tidak tampak mengawasi para kambing peliharaannya itu.

Kulcim Indramayu Ramai Dikunjungi Pengunjung Saat Malam Minggu, Suasananya Nyaman

VIDEO-Ulat dan Lalat Urai Sampah Organik di Bank Sampah Panulisan Purwakarta

Kambing-kambing itu juga terlihat mengorek-ngorek tempat sampah yang berada di pinggiran jalan.

"Untungnya di sini daerahnya aman, tidak ada yang mencuri," ujar dia.

Kepala UPTD Puskeswan Indramayu, Dokter Arundhina Girishanta menyebut faktor utama banyaknya temuan penyakit seperti cacing hati dan penyakit lainnya pada organ dalam hewan karena banyaknya peternak yang lalai dalam mengurus hewan ternaknya.

Selain itu, untuk menekankan temuan penyakit tersebut, pihaknya menyarankan agar para peternak tidak mengangon atau melepasliarkan hewan ternak untuk mencari makan.

Pasalnya, hewan-hewan tersebut selalu memakan apapun yang dilihat olehnya termasuk memakan rumput yang kurang bagus dan juga memakan sesampahan.

Terlebih jika hewan tersebut diangon di kebun yang mana rumput itu sudah disemproti obat sebelumnya. Ini akan semakin memperdampak hewan tersebut terpapar berbagai penyakit.

"Ya sebaiknya di kandangkan saja, kita cari rumput untuk pakannya," ujar dia.

Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved