Ratusan Murid SD di Bandung Baca Puisi, Parade Lagu, Hingga Doa Lintas Agama, Ternyata Ini Tujuannya

Para murid SD tersebut membacakan puisi bela negara, parade lagu cinta tanah air, seni tari hingga pembacaan doa lintas agama.

Ratusan Murid SD di Bandung Baca Puisi, Parade Lagu, Hingga Doa Lintas Agama, Ternyata Ini Tujuannya
Tribun Jabar/Cipta Permana
Suasana kegiatan para siswa SD dalam mengikuti kegiatan penguatan semangat cinta tanah bertajuk "Merah Putihku" di Mal Lucky Square, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Minggu (25/8/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di nusantara, ratusan pelajar dari sejumlah sekolah dasar di Kota Bandung tampak antusias mengikuti rangkaian acara "Merah Putihku" di Mal Lucky Square, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Minggu (25/8/2019).

Acara yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) bersama Radio Republik Indonesia dan Apresiasi Seni Kelompok Anak Juara tersebut, ditujukan untuk menguatkan rasa cinta tanah air pada murid SD.

Para murid SD tersebut membacakan puisi bela negara, parade lagu cinta tanah air, seni tari hingga pembacaan doa lintas agama.

Hal ini dalam rangka menumbuhkan sikap nasionalis dan toleransi dalam kebhinekaan dan umat beragama sejak usia dini.

Ini Jenis Kelamin Dua Jasad Terpanggang di Dalam Mobil di Cidahu Menurut Warga, Posisinya Bagaimana?

Direktur Informasi Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenkominfo RI, Wiryanta, mengatakan bahwa berdasarkan arahan dari Presiden Jokowi, bahwa dalam upaya mempersiapkan Indonesia sebagai negara maju pada 2045 mendatang, harus mulai dilakukan dengan membangun sumber daya manusia yang unggul, salah satunya melalui
pembentukan karakter.

Sehingga sejak anak usia dini atau generasi milenial telah mulai dipersiapkan untuk menjadi sumber daya manusia yang mumpuni di masa depan.

"Sesuai arahan Presiden, maka menuju Indonesia maju dengam SDM unggul, yang dimulai sejak dini, dapat menjadikan Indonesia sebagai negara terpandang dan sejajar dengan negara maju lainnya di dunia. Bahkan sejak dalam kandungan penyiapan SDM unggul ini pun dapat dilakukan, dengan mencegah terjadinya stunting," ujarnya di Lucky Square, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Minggu (25/8/2019).

Hal senada disampaikan oleh Direktur LPP Radio Republik Indonesia, Rohanudin, menuturkan pentingnya menggelorakan Bangsa Indonesia yang cinta damai dan bersatu, termasuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang unggul.

Sehingga jangan lagi ada istilah bangsa Indonesia terkotak-kotak atau tidak bersatu hanya karena perbedaan suku, budaya, dan agama di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan selain dapat menumbuhkan rasa cinta Merah Putih dan kebhinekaan tetapi juga harus terus di kembangkan. Sehingga akan terbawa dalam ingatan anak-anak terkait keberagaman suku, budaya dan agama yang ada di negeri ini, yang tetap terikat dalam sebuah persatuan, yaitu NKRI," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, selain upaya penguatan cinta tanah air dan kebhinekaan, tetapi juga anak-anak diedukasi tentang mitigasi bencana melalui bunyi kentongan.

Diharapkan mereka memahami dan mampu mengedukasi anggota keluarga dan teman-teman sebayanya untuk mengetahui pencegahan bencana alam sejak dini.

Ada Vendor Nangih Utang Proyek Museum Kota Bandung Rp 575 Juta, Kadisbudpar Bilang Tak Tahu Menahu

Persib Bandung Sangat Selektif Cari Kiper Meski Stok Sedikit, Ini Kata Pelatih Kiper Gatot Prasetyo

Penulis: Cipta Permana
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved