BPSDM Gelar Uji Kompetensi Pejabat Administrator

BPSDM Provinsi Jawa Barat menggelar uji kompetensi pejabat administrator.

BPSDM Gelar Uji Kompetensi Pejabat Administrator
istimewa

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat menggelar Uji Kompetensi Pemerintahan Bagi Pejabat Administrator di Lingungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bertempat di Aula Utama BPSDM Provinsi Jawa Barat, Sabtu ( 24/8/2019).

Kepala Biro Organisasi Provinsi Jawa Barat, Nanin Hayani Adam membuka secara langsung kegiatan tersebut yang dihadiri oleh Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Muhamad Solihin.

Dalam sambutannya Nanin mengungkapkan, peningkatan sumber daya manusia (human capital) merupakan salah satu isu yang menjadi faktor keberhasilan suatu bangsa dalam menghadapi persaingan global. Sehingga berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia lebih khusus aparatur sipil negara yang merupakan motor penggerak pembangunan.

Salah satu usaha atau langkah konkrit yakni dengan melakukan perubahan peraturan perundang-undangan yang diharapkan lebih menjamin profesionalisme Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Profesionalisme dimaknai sebagai kemampuanPegawai Negeri Sipil (PNS) dalam memahami tugas-tugas yang diembannya sesuai standar kerja.

Uji Kompetensi Pejabat Administrator BPSDM Jabar
Uji Kompetensi Pejabat Administrator (istimewa)

Profesionalisme PNS dapat diukur melalui proses uji kompetensi yang dilakukan oleh lembaga yang berwenang. Untuk tingkat Provinsi Jawa Barat, lanjut Nanin, BPSDM Provinsi Jawa Barat telah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Pemerintah Daerah (LSP-Pemda) Provinsi Jawa Barat yang telah diubah menjadi Lembaga Sertifikasi Penyelenggara Pemerintahan Dalam Negeri (LSP-PDN) Provinsi Jawa Barat melalui Peraturan Gubernur Jawa Barat nomor 95 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur nomor 74 tahun 2015 tentang Lembaga Sertifikasi Profesi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. 

LSP-PDN Provinsi Jawa Barat memiliki kewenangan melakukan uji kompetensi dan sertifikasi pemerintahan dan teknis.

Nanin berharap kegiatan ini dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman  terkait uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi sebagai tolok ukur bagi pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Kegiatan hari ini tentunya dapat menghasilkan output yang jelas yaitu pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi yang menciptakan aparatur pemerintah daerah yang profesional dan kompeten. 

"Oleh karena itu, saya tekankan keseriusan dari bapak/ibu peserta ujikom bagi pejabat administrator untuk mengikuti ujian tertulis dan wawancara sampai dengan selesai," tandas Nanin.

Halaman
12
Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved