Hidup Terpencil Jauh dari Pusat Pelayanan Kesehatan, Warga Desa Sukaluyu Mendapat Pengobatan Gratis

Sekitar 1000 an warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung mendapat pengobatan gratis dari PT Meprofarm, Sabtu (24/8/2019)

Hidup Terpencil Jauh dari Pusat Pelayanan Kesehatan, Warga Desa Sukaluyu Mendapat Pengobatan Gratis
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung mendapat pengobatan gratis dari PT Meprofarm, Sabtu (24/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, PANGALENGAN - Sekitar 1000 an warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung mendapat pengobatan gratis dari PT Meprofarm, Sabtu (24/8/2019).

Berada jauh dari pusat pelayanan kesehatan warga mendapat CSR (Corporate Sosial Responsibility) berupa pengobatan gratis.

Kepala Desa Sukaluyu Dadang Kurniawan menuturkan selama ini untuk menjangkau pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pangalengan saja warga harus menempuh jarak hingga 10 kilometer.

"Kami selaku pemerintah mengucapkan terima kasih karena masyarakat bisa terbantu. Karena jarak jangkau Desa Sukaluyu ke pusat pelayanan kesehatan itu sangat jauh sekitar 10 km ke Puskesmas Kecamatan," ujarnya di lokasi tadi siang.

Besok, BFF Run Digelar di Bandung, Lari Maraton Pertama di Indonesia Padukan Kesehatan & Kecantikan

Puluhan Siswa Difabel dan Kurang Mampu Terharu Dapatkan Bantuan Alat Sekolah dan Pengobatan Gratis

Dadang menuturkan selama ini pihak pemerintah sudah menyediakan pelayanan kesehatan di kantor desa melalui Poskesdes. Namun Poskesdes tersebut hanya membuka pelayanan sekali dalam seminggu.

"Di Poskesdes dilakukan pengobatan seminggu sekali, setiap hari Jumat jadi kalau ada warga yang sakit di luar hari Jumat warga harus berobat ke Pangalengan (kecamatan) ke puskesmas," katanya.

Menurutnya hal itu dikarenakan terbatasnya tenaga kesehatan hingga tidak bisa membuka pelayanan setiap hari. Meski demikian bagi warga yang hendak melahirkan, di Poskesdes sendiri ada bidan desa yang senantiasa siaga setiap hari.

"Desa Sukaluyu memiliki luas wilayah 1.748 hektar, sangat luas dan jangkauan ke RW lain terjauh sekitar 13 KM di desa ini. Jumlah RW ada 16 RW dengan jumlah penduduk ada 8.336 jiwa dan 2.650 KK," pungkasnya.

PT KAI Beri Pengobatan Gratis di Dalam Gerbong Kereta Api di Stasiun Terisi Indramayu

Sementara General Mananger Plant and Supply PT Meprofarm, Hendri menuturkan dalam pengobatan gratis tersebut PT Meprofarm membawa 70 orang tenaga medis, baik dokter maupun apoteker dan sukarelawan kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved