Ridwan Kamil Targetkan Pasar Rakyat ber-SNI Ada Tiap Kabupaten Kota di Jawa Barat

Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jabar akan membantu revitalisasi pasar rakyat di kabupaten dan kota di Jawa Barat melalui program Pasar Rakyat Juara.

Ridwan Kamil Targetkan Pasar Rakyat ber-SNI Ada Tiap Kabupaten Kota di Jawa Barat
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil launching program Pasar Rakyat Juara dan peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Cisarua Kabupaten Bogor, Kamis (22/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ( Pemprov Jabar ) akan membantu revitalisasi pasar rakyat di kabupaten dan kota di Jawa Barat melalui program Pasar Rakyat Juara.

Untuk meningkatkan kualitas pasar, Pemprov Jabar juga menggelar lomba manajemen pasar rakyat dengan hadiah mobil serta fasilitas pendukung pasar lainnya.

"Ada ratusan pasar rakyat dalam lima tahun yang akan kami perbaiki dan kami bangun agar tidak ada lagi pasar yang kotor dan jorok," ujar Ridwan yang akrab disapa Emil ini seusai launching program Pasar Rakyat Juara dan peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Cisarua Kabupaten Bogor, Kamis (22/8/2019).

Emil menjelaskan ciri pasar rakyat yang disebut berhasil yakni ada orang dari kalangan menengah berbelanja bahkan bersantai di pasar tersebut.

Dengan demikian, pembangunan pasar rakyat tidak hanya secara fisik, tapi harus diwarnai dengan kegiatan lain seperti festival atau pagelaran budaya.

Menurut Emil, pasar rakyat punya keunggulan dari sisi kemanusiaan dibandingkan pasar moderen atau mall. Pengunjung pasar rakyat bisa berinteraksi dan tawar menawar dengan pedagang.

Fokus Reformasi Birokrasi Ala Pemprov Jabar: Pembenahan Manajemen SDM dan e-Governance

120 Anggota DPRD Jawa Barat Akan Dilantik di Gedung Merdeka, Anggota Dewan Lama Diberi PIN Emas

"Jika sudah diperbaiki dan disempurnakan, saya mengajak masyarakat untuk kembali ke pasar rakyat. Insya Allah nanti kebersihan dan keamanannya terjaga sehingga membuat nyaman pengunjung," katanya.

Revitalisasi ini penting dilakukan karena masih sangat sedikit pasar rakyat di Jabar yang telah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat M Arifin mengatakan sejalan dengan visi dan misi Jabar Juara Lahir Batin, pihaknya mendorong program Pasar Juara melalui revitalisasi pasar rakyat di kabupaten kota.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved