Pemkab Bandung Barat Pastikan Anak Korban Rudapaksa Sudah Mendapat Pendampingan

Dinas P2KBP3A Bandung Barat pastikan sudah berikan pendampingan dan memfasilitasi anak di bawah umur berinisial Y (16) yang dirudapaksa oleh 4 pemuda

Pemkab Bandung Barat Pastikan Anak Korban Rudapaksa Sudah Mendapat Pendampingan
Istimewa/Polsek Batujajar
Seorang anak perempuan berusia 15 tahun warga Kecamatan Saguling, diperkosa 5 pemuda, saat bulan puasa. Si gadis disekap 2 hari. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( P2KBP3A) Bandung Barat memastikan sudah memberikan pendampingan dan memfasilitasi anak di bawah umur berinisial Y (16) yang dirudapaksa oleh empat pemuda.

Seperti diketahui, korban dirudapkasa oleh UR (18), AC (28), R (23) dan AR (26) secara bergiliran di kawasan Kota Baru Parahyangan pada 7 Mei 2019 silam.

Saat ini mereka sudah mendekam di penjara setelah diringkus anggota Unit Reskrim Polsek Batujajar.

Begini Pengakuan Pelaku Rudapaksa Anak di Bawah Umur di Saguling KBB

Hengky Kurniawan Wabup KBB Tanggapi Begini soal Kasus Gadis 15 Tahun Disekap dan Dirudapaksa 5 Pria

Gadis 15 Tahun di Bandung Barat Disekap 2 Hari, Dicekoki Miras Sampai Tak Sadar, Dirudapaksa 5 Pria

Kabid Pemberdayaan Perempuan pada Dinas P2KBP3A Bandung Barat, Euis Siti Jamilah, mengatakan, korban yang merupakan anak kurang mampu dan juga anak yatim itu memang sudah wajib untuk mendapat perhatian dari pemerintah.

"Korban ini merupakan anak putus sekolah juga hanya sampai kelas 2 SMP, kita fasilitasi ke Dinas Pendidikan supaya dia dimasukan ke paket B," ujarnya kepada Tribun Jabar di Kompleks Pemkab Bandung Barat, Kamis (22/8/2019).

Sementara untuk kondisi korban, meski sempat mendapat tekanan batin dan psikologsi, tetapi pihaknya memastikan secara mental dia masih kuat karena pihaknya terus memberikan pendampingan.

Perempuan Belia di Bandung Barat Dicekoki Miras, Dirudapaksa 5 Pemuda di Saguling, Disekap 2 Hari

Gadis 15 Tahun di Saguling Disekap Dua Hari dan Dirudapaksa 5 Pemuda, Dilakukan saat Bulan Puasa

Untuk mengawal kasus ini, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Bandung Barat dan Forum Anak Daerah (FAD) hingga kasusnya benar-benar tuntas.

"Jadi mitra-mitra kami itu tugasnya memang menangani permasalah pada anak juga, termasuk anak itu (Y). Selain itu kami juga memiliki satgas di setiap desa di Bandung Barat," ucapnya.

Ia mengatakan, di Bandung Barat sudah terbentuk 165 Satgas yang berada di setiap desa yang tugasnya untuk mengidentifikasi kondisi dan layanan yang dibutuhkan anak yang mengalami permasalahan, khususnya pelecehan seksual.

"Untuk antisipasi kejadian yang sama, kami juga rutin melakukan sosialisasi, terutama agar korban tidak takut untuk melapor karena terkadang ada yang takut lapor," kata Euis.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved