Gubernur Kalimantan Timur Bicara Soal Rencana Pemindahan Ibu Kota, Sebut akan Seperti Canberra

Israan Noor mengatakan jika benar ibu kota akan dipindahkan ke Bukit Soeharto, maka akan seperti Kota Canberra, Ibu Kota Australia.

Gubernur Kalimantan Timur Bicara Soal Rencana Pemindahan Ibu Kota, Sebut akan Seperti Canberra
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Kepala Bapeda Provinsi Kaltim menjelaskan terkait lahan di Tahura Bukit Soeharto kepada Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Sejumlah Menteri, Pejabat Pemprov dan Bupati Kukar Edy Damansyah tiba di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (7/5/2019). Kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan untuk melihat lahan yang ditawarkan Pemprov Kaltim sebagai lokasi Ibu Kota Negara yang baru. 

TRIBUNJABAR.ID - Gubernur Kalimantan Timur, Israan Noor mengatakan jika benar ibu kota akan dipindahkan ke Bukit Soeharto, maka akan seperti Kota Canberra, Ibu Kota Australia.

Dilansir TribunWow.com, hal ini diungkapkan Israan saat menjadi narasumber dalam program Indonesia Lawyers Club bertajuk 'Perlukah Ibu Kota Dipindahkan?', Selasa (20/8/2019).

Mulanya Israan menjelaskan Bukit Soeharto bukanlah Hutan Lindung yang bisa mengancam populasi.

"Kalau Bukit Soeharto itu berada di Kabupaten Kutainegara, itu bukan hutan lindung, itu hutan produksi, itu eks HPH milik Inhutani dan Kayu Mahakam, kalau di selatannya ada hutan lindung, namanya Sungai Wain, Bukit Bengkirai, yang ada banyak orang utan itu," papar Israan.

Disebutkan Israan, di kawasan Bukit Soeharto, juga terdapat banyak lubang bekas tambang.

Hal itu mengingatkannya seperti Kota Canberra, Australia.

"Kanan kirinya memang dikelola oleh masyarakat dalam bentuk ada yang kebun sawit dan semua itu tidak legal, ada tambang juga, lubang tambang banyak. Kalau dijadikan ibu kota mirip Canberra lah," kata Isran Noor.

"Dulu kan Canberra itu eks tambang batu bara besar itu ada sebuah danau. Kira-kira seperti itu," tambahnya.

Fadli Zon Soroti Rencana Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan: Harus Kita Lihat dari Berbagai Sisi

Israan Noor juga menjelaskan jika Bukit Soeharto adalah sebuah kawasan yang strategis.

Disebutkannya, adik kandung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo juga pernah memiliki rencana pembangunan sumber air.

Halaman
1234
Editor: Yongky Yulius
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved