Tahukah Anda? Butuh Energi Listrik yang Besar untuk Menghasilkan Secangkir Kopi Terbaik

Tahukah Anda? Perlu energi listrik yang besar untuk menghasilkan secangkir kopi terbaik.

Tahukah Anda? Butuh Energi Listrik yang Besar untuk Menghasilkan Secangkir Kopi Terbaik
Ilustrasi secangkir kopi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berkembang pesatnya industri kopi di sejumlah kota besar di Indonesia saat ini berpengaruh besar pada konsumsi penggunaan listrik.

Pengolahan kopi mulai dari penanaman, pengolahan hingga tersaji ke penikmat kopi‎, membutuhkan energi listrik.

Tidak hanya itu, tempat penyajian pun juga turut menggunakan energi listrik, seperti kafe dengan tampilan artistik dan modern klasik.

‎Kaitan energi listrik dengan industri kopi mengemuka dalam Bali Collection Festival 2019 di Bali pada 16-18 Agustus yang mengusung tema Electricity Lifestyle.

Pambudi Prasetyo selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan industri kopi saat ini sedang digandrungi kalangan masyarakat menengah.

Ia mengatakan, hampir 60 persen energi yang dipergunakan untuk menghasilkan secangkir kopi, terutama terletak pada sisi distribusi (pengangkutan), roasting (proses sangrai), dan penyeduhan (brewing) kopi.

“Mesin roasting beroperasi pada suhu temperatur 550 derajat Fahrenheit. Setiap satu jam menghabiskan sekitar 1 juta BTU (British Thermal Unit). Dari semua proses, penyeduhan kopi yang membutuhkan energi paling besar," ujar Pambudi dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar, Rabu (20/8/2019).

‎Ia kemudian merinci berapa energi listrik yang dibutuhkan untuk menyeduh secangkir kopi.

"Secara total energi yang dipergunakan untuk menghasilkan 100 mililiter kopi setara dengan 1,94 megajoules, atau setengah KwH,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved