Perempuan di KBB Kerap Menjadi Korban Terbanyak Ketika Terjadi Bencana Alam, Ini Penyebabnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menilai kaum perempuan di KBB

Perempuan di KBB Kerap Menjadi Korban Terbanyak Ketika Terjadi Bencana Alam, Ini Penyebabnya
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMRAH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menilai kaum perempuan di KBB hingga saat ini masih rawan menjadi korban ketika terjadi bencana alam.

Potensi bencana di KBB sendiri dinilai masih tinggi seperti sesar lembang, erupsi Gunung Tangkubanparahu, gempa bumi dan longsor khususnya di daerah selatan, sehingga kaum perempuan itu perlu untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Dicky Maulana mengatakan, berdasarkan kejadian bencana alam yang pernah terjadi di KBB, memang perempuan kerap menjadi korban dengan jumlah paling banyak.

"Hal itu karena wanita rata-rata tidak bisa menyelamatkan diri ketika terjadi bencana alam, kurang cekatan dan panik, sehingga kerap menjadi korban," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Selasa (21/8/2019).

Makin Banyak Orang Sakit Jiwa, Kota Bandung Pun Butuh Rumah Sakit Jiwa

Untuk itu, kata Dicky, perempuan di KBB wajib untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan terhadap bencana yang mungkin terjadi agar mampu meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerugian materil.

Agar perempuan di KBB mampu menyelamatkan diri ketika terjadi bencana, kata Dicky, BPBD kerap mengadakan sosialisasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana terhadap Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bandung Barat (DWP KBB).

"Kami memberikan pemahaman kepada mereka terakit penyelamatan diri dan kesiapsiagaan karena perempuan kerap menjadi korban bencana itu karena tidak siap," katanya.

Perjuangan Ibu Bocah Cianjur Pengigit Ular, Cari Anaknya Sampai ke Bukit, Sudah 3 Tahun Suami Kabur

Menurut Dicky, bencana alam yang paling perlu diwaspadai semua elemen masyarakat, terutama perempuan yaitu sesar lemban yang melintang sepanjang 29 kilometer dan memiliki kekutan gempa bermagnitudo 6 hingga 7 skala richter.

"Jadi kami sampaikan bahaya potensi bencana di Bandung Barat kepada perempuan terutama sesar lembang agar mereka lebih siap ketika terjadi bencana," ucapnya.

Atas hal tersebut, pihaknya juga kerap mengadakan simulasi cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana alam untuk meminimalisir jumlah korban, khususnya kaum perempuan.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved