Bawaslu Ajukan Kebutuhan Anggaran Pilkada 2020 Sebesar Rp 29 Miliar, Pemkab Bandung Tak Penuhi Semua

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung mengajukan kebutuhan anggaran Pilkada 2020 kepada Pemkab Bandung sebesar Rp 29 miliar.

Penulis: Mumu Mujahidin | Editor: Dedy Herdiana
ISTIMEWA
Ilustrasi: Pemkab Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung mengajukan kebutuhan anggaran Pilkada 2020 kepada Pemkab Bandung sebesar Rp 29 miliar. Namun Pemkab Bandung hanya menyetujui sekitar Rp 22 miliar.

"Ajuan anggaran untuk Pilkada 2020 tidak semuanya disetujui. Yang disetujui Pemkab Bandung hanya Rp 22 miliar," ungkap Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (21/8/2019).

Padahal kata Hedi, anggaran yang diajukan Bawaslu Kabupaten Bandung merupakan kebutuhan rasional Bawaslu.

Ini 8 Kabupaten/Kota di Jabar yang akan Menggelar Pilkada Serentak Tahun 2020

Salah satunya untuk honor adhock seperti Panwascam, PKD (Pengawas Kelurahan Desa) dan Pengawas TPS. Termasuk untuk Gakumdu yang berisikan Pengadilan, Kejaksaan dan Kepolisian.

Selain itu anggaran yang diajukan Bawaslu untuk Pilkada 2020 nanti, lanjut Hedi dimungkinkan baru akan cair pada awal 2020, padahal tahapan Pilkada sudah akan dimulai pada Oktober mendatang.

"Kami juga telah mengajukan kebutuhan anggaran untuk kegiatan sampai akhir 2019," ujarnya.

Dari pengajuan anggaran untuk kebutuhan kegiatan sampai akhir 2019 sebesar Rp 700 juta. Sementara Pemkab Bandung hanya menyetujui sebesar Rp 210 juta.

Anggaran sebesar itu kata Hedi tidak akan mencukupi kegiatan, mengingat berdasarkan Perbawaslu dan Permendagri, pada November nanti pihaknya harus sudah harus membentuk tim adhock tingkat kecamatan.

Pilkada Kabupaten Tasik 2020, KPU Butuh Dana 2x Lipat Lebih Besar Dibanding Pilkada 2015

"Desember itu rencananya sudah ada Panwascam, setiap kecamatan ada tiga anggota Panwas," ujarnya.

Di Kabupaten Bandung terdapat 31 kecamatan, artinya akan ada 93 anggota Panwascam yang harus digaji sejak dilantik nantinya. Rata-rata gaji para Panwascam sekitar Rp 1,8 juta per bulan. Sehingga untuk kebutuhan gaji saja jumlahnya sudah lebih dari Rp 100 juta per bulan.

Menurutnya anggaran yang disetujui Rp 210 juta tidak akan mencukupi pembayaran gaji Panwascam. Oleh karena itu Bawaslu berharap agar Pemkab Bandung bisa mempertimbangkan hal-hal tersebut. (mud)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved