Anggota DPRD Jabar Nilai Ridwan Kamil Tak Paham Kewenangan Dewan, Interpelasi Bakal Jalan Terus

ejumlah anggota DPRD Jabar geram dengan pernyataan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menyepelekan interpelasi

Anggota DPRD Jabar Nilai Ridwan Kamil Tak Paham Kewenangan Dewan, Interpelasi Bakal Jalan Terus
Tribun Jabar/Theofilus Richard
Rapat Paripurna DPRD Jabar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah anggota DPRD Jabar geram dengan pernyataan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menyepelekan interpelasi yang justru merupakan hak dan wewenang parlemen. Di Purwakarta, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa interpelasi dewan belum pasti.

“Semestinya Ridwan Kamil tidak menyampaikan pernyataan yang kembali memanaskan situasi yang ada. Ridwan Kamil itu kan bukan ketua partai politik. Jadi, saya pastikan, dia tidak tahu sama sekali suasana kebatinan yang terjadi di DPRD Jabar,” ujar anggota DPRD Jabar dari Partai Demokrat, Asep Wahyu Wijaya saat ditemui di Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Selasa (20/8/2019).

Asep Wahyu Wijaya mengatakan, dewan perwakilan rakyat baik daerah maupun pusat, sama-sama memiliki hak interpelasi hingga hak menyatakan pendapat. Pernyataan Ridwan Kamil dinilainya tidak paham kewenangan dewan.

"Harusnya gubernur memahami konteks kewenangan DPRD, tidak berkata seenaknya dan memanaskan situasi," kata Asep Wahyu Wijaya.

Hak interpelasi dimaksud yakni terkait revitalisasi sejumlah alun-alun di kota dan kabupaten di Jabar. Salah satunya revitalisasi alun-alun Jonggol di Kabupaten Bogor.

Warga Papua di Jawa Timur Dapat Jaminan Keamanan dari Kapolda Jatim

“Jadi, kalau soal interpelasi mah kan tugasnya DPRD periode depan. Insya Allah, kita akan mendapat tambahan energi yang lebih fresh. Jadi, secara pribadi ingin saya sampaikan ke Kang RK, santai saja. Diskusi interpelasi ini belum selesai,” kata Asep.

Hak interpelasi DPRD Jabar itu, kata Asep. meminta gubernur untuk menjelaskan program-program yang akan dijalankan.

“Bukan hanya anggota, tadi kan saya rapat dengan para Ketua Fraksi lain juga. Ketua Fraksi Golkar, Ketua Fraksi PKS dan Ketua Fraksi PDIP pun menyampaikan hal yang senada. Sebaiknya RK tidak usah memanas - manasi keadaan in’,” ujar Asep.

KRONOLOGI Pembakaran dan Pembobolan Lapas Sorong Hingga 258 Napi Kabur

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved