Sudah 20 Tahun Jalan di Kampung Bojong Honje Cipatat KBB ini Butut, Padahal Itu Satu-satunya Jalan

Warga Kampung Bojong Honje RT 01/15, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Sudah 20 Tahun Jalan di Kampung Bojong Honje Cipatat KBB ini Butut, Padahal Itu Satu-satunya Jalan
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Jalan di Kampung Bojong Honje RT 1/15, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIPATAT - Warga Kampung Bojong Honje RT 01/15, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama puluhan tahun belum pernah merasakan jalan mulus sebagai akses sehari-hari untuk menuju jalan utama. Selama itu pula jalan di kampung ini butut.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (19/8/2019) lokasi kampung ini berada di perbukitan yang kondisi jalannya sangat memprihatinkan. Jalan menuju perkampungan itu aksesnya berbukit dengan kondisi jalan berupa bebatuan dan berdebu.

Jarak dari jalan utama menuju kampung ini sekitar 2 kilometer, sedangkan kerusakan jalannya mencapai 1 kilometer, sehingga warga harus berhati-hati ketika melintas jalan tersebut.

Warga setempat yang akrab disapa Abah Ating (70), mengatakan, kondisi jalan yang rusak tersebut sudah hampir 20 tahun, namun hingga saat ini belum dilakukan perbaikan dan tidak ada perhatian dari pihak manapun.

Ribuan Orang Duduk Bersila di Jayapura, Protes Penangkapan 43 Mahasiswa Papua di Surabaya

"Dari dulu belum pernah jalan menuju kampung ini mulus kondisinya sampai saat ini ya tetap seperti ini. Kalau mau kesini enaknya pakai motor trail," ujarnya kepada Tribun Jabar saat ditemui di Kampung Bojong Honje, Senin (19/8/2019).

Setiap hari, kata dia, warga hanya bisa melintasi jalan yang rusak itu untuk berkativitas karena tidak ada jalan lain yang lebih dekat untuk menuju jalan utama atau jalan Raya Cipatat.

"Iya kondisinya dari dulu memang bebatuan dan berdebu karena ini kan jalan proyek tambang batu kapur jadi setiap hari berdebu juga," katanya.

Sekretaris Desa Citatah, Acep Sofwan Munawar membenarkan bahwa sudah lama jalan menuju Kampung Bojong Honje tersebut rusak parah, tetapi pihak desa tidak bisa berbuat banyak.

Sah Jadi Suami Istri, Cut Meyriska Bongkar Sifat Asli Roger Danuarta, Awalnya Sempat Protes

"Itu kan bukan jalan desa, tapi jalan yang dibuka oleh perusahaan tambang batu. Jadi bukan kewajiban kami untuk melakukan perbaikan," kata Acep.

Ia mengatakan, jalan tersebut memang sejak pertama kali ada perkampungan kondisinya rusak dan tidak pernah dilakukan perbaikan oleh pihak yang berwenang karena kondisi tanahnya labil.

"Jadi kalau dilakukan perbaikan juga gak akan bisa bertahan lama, makanya tetap dibiarkan seperti itu. Kami tidak bisa melakukan perbaikan karena selain membutuhkan dana yang besar, itu bukan kewenangan kami," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved