HUT ke-74 Provinsi Jabar, Ridwan Kamil Sebut Fokus Pembangunan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pembangunan infrastruktur yang terencana dan baik, ujarnya, akan berdampak pada konektivitas dan pertumbuhan ekonomi.

HUT ke-74 Provinsi Jabar, Ridwan Kamil Sebut Fokus Pembangunan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai apel besar HUT Jabar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa pada 2019 terdapat 40 proyek strategis Jawa Barat yang akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan kepariwisataan.

"Pembangunan Jawa Barat secara umum diarahkan kepada pengembangan industri pariwisata, ekonomi kreatif, dan digital," kata Gubernur yang akrab disapa Emil ini dalam Upacara Peringatan HUT ke-74 Provinsi Jawa Barat di Gasibu Bandung, Senin (19/8/2019).

Pembangunan infrastruktur yang terencana dan baik, ujarnya, akan berdampak pada konektivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya, pembangunan itu juga dapat mengurangi kesenjangan ekonomi antara desa dan kota yang berujung pada terwujudnya kesejahteraan warga Jawa Barat.

Video Vina Garut Ada 50, Namun Hanya 2 yang Diproses, Vina dan Willy Negatif HIV, Rayya Kena Stroke

Angin Kencang Kembali Melanda Cirebon, Kecepatannya 56 KM Perjam, Harus Pakai Jaket Tebal

Pada sektor pariwisata Jawa Barat, kata Ridwan Kamil, memiliki potensi yang sangat besar dan mempunyai keunggulan mengingat mayoritas berada di sektor jasa.

Ridwan Kamil mengatakan, pariwisata merupakan komoditas yang paling berkelanjutan dan menetes hingga ke level paling bawah masyarakat.

Pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana pariwisata dibagi ke dalam tiga tipologi, yaitu pariwisata tipe 1 untuk revitalisasi destinasi yang sudah ada, tipe 2 berupa pembangunan sarana aksesibilitas menuju destinasi yang sudah ada, dan tipe 3 yakni membangun desitinasi baru.

"Bahkan kami terus mendukung menciptakan kawasan ekonomi khusus berbasis pariwisata semisal di Pangandaran dan Sumedang, pembangunan infrastruktur digital melalui aplikasi Gurilaps, pembangunan alun-alun di 27 kabupaten kota, pemberian hibah bus wisata kepada kabupaten kota, pengembangan wisata air, desa wisata, dan esteem tourism,"

"Hal-hal tersebut merupakan rumus-rumus kami dalam mengembangkan sektor pariwisata. Di sisi lain, keamanan dan kondusivitas merupakah salah satu syarat mutlak pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tetap terjaga pada angka di atas 5 persen," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved