Kemenag Pastikan Jemaah Haji Bandung Barat Dalam Kondisi Sehat, Mulai Pulang Tanggal 4 September

Kemenag pastikan jemaah haji Bandung Barat dalam kondisi sehat. Mulai diberangkatkan pulang tanggal 4 September.

Kemenag Pastikan Jemaah Haji Bandung Barat Dalam Kondisi Sehat, Mulai Pulang Tanggal 4 September
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Pemberangkatan Calhaj asal KBB dari Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav), Jalan Purabaya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (23/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan, selain ada dua jemaah haji asal KBB yang meninggal, jemaah haji yang lain dalam kondisi sehat dan bisa mengikuti semua tahapan haji.

Berdasarkan data Kemenag KBB, jemaah haji asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang menunaikan ibadah haji tahun 2019 mencapai 1.077 orang yang diberangkatkan dalam tiga kloter.

Rinciannya, di kloter 56 sebanyak 404 jemaah, kloter 66 sebanyak 283 jemaah, dan kloter 93 sebanyak 390 jemaah.

Kepala Kemenag KBB, Ahmad Sanukri melalui staf Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ahmad Fikri Firdaus, mengatakan, kondisi semua jemaah haji bisa dipastikan sehat karena semuanya sudah melaksankan tahapan hingga puncak haji.

"Secara kesuluruhan hingga puncak haji, semua jemaah dalam kondisi sehat, hanya ada beberapa orang saja yang sakit tapi umumnya seperti itu setelah mereka melaksanakan puncak haji," ujarnya kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (18/8/2019).

Disinggung terkait beredarnya video viral yang menunjukkan adanya genangan air di terowongan Mina beberapa waktu lalu, Ahmad memastikan jemaah haji asal KBB aman dan selamat.

"Alhamdulillah semuanya selamat dan aman dalam kondisi baik, jadi pada tanggal 12 itu jemaah sudah kembali ke hotel," katanya.

Hal senada dikatakan Bupati Bandung Barat Aa Umbara yang juga melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Ia memastikan jemaah haji dalam kondisi baik meskipun sempat ada kejadian di Terowongan Mina.

"Bapak sudah memastikan jamaah kabupaten Bandung Barat tak ada yang mengalami kerugian atau sakit. Pelayanan terhadap jemaah haji juga berlangsung sebagaimana yang direncanakan," tulis Aa Umbara melalui akun Instagramnya.

Jadwal kepulangan jemaah haji asal KBB, akan berlangsung pada 4 September 2019 untuk kloter 53, 6 September untuk kloter 66, dan 13 September untuk kloter 93.

Kabar dari Tanah Suci, Dua Jemaah Haji Asal Bandung Barat Meninggal Dunia, Ini Identitasnya

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved