India Munculkan Wacana Siapkan Senjata Nuklir, Berpeluang Ubah Doktrin

Kali ini, India memunculkan wacana untuk menyiapkan senjata nuklir di masa depan. Padahal sebelumnya India berkomitmen untuk "tidak menjadi negara pe

India Munculkan Wacana Siapkan Senjata Nuklir, Berpeluang Ubah Doktrin
Flickr via Kompas.com
Ilustrasi bom nuklir gravitasi AS B61. 

TRIBUNJABAR.ID, NEW DELHI - Setelah sebelumnya sukses meluncurkan roket ke luar angkasa, India kembali membuat kejutan.

Kali ini, India memunculkan wacana untuk menyiapkan senjata nuklir di masa depan.

Padahal sebelumnya India berkomitmen untuk "tidak menjadi negara pertama yang menggunakan" senjata nuklir.

Akan tetapi kebijakan tersebut dimungkinkan untuk diubah pada masa depan, tergantung pada situasinya, demikian menurut kementerian pertahanan India.

Lama Tak Terdengar, Foto Sedang Tidur Artis India Kajol Dibagikan Suaminya Ajay Devgan

Di India, Suami Ceraikan Istri Lewat Talak Tiga Bisa Dipenjara

India telah mendeklarasikan diri sebagai negara dengan senjata nuklir setelah sukses melakukan uji coba bawah tanah pada 1998, yang diikuti oleh saingan lamanya, Pakistan, tak lama setelahnya.

Sejak saat itu, para pakar nuklir menyebut kedua negara yang saling berselisih itu telah mengembangkan persenjataan nuklir dan rudal yang mampu mengirimkannya.

Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh, dalam kunjungan ke Pokhran di India barat, tempat uji coba persenjataan nuklir negara itu, memberi penghormatan kepada mantan perdana menteri dan pemimpin nasionalis Hindu, Atal Behari Vajpayee, yang disebut telah berjasa membawa India menjadi negara bertenaga nuklir.

"Pokhran adalah wilayah yang menjadi saksi tekad Atal Ji untuk menjadikan India sebagai negara berkekuatan nuklir dengan tetap berkomitmen pada doktrin, untuk tidak menjadi negara pertama yang menggunakannya,"

"India secara ketat berpegang pada doktrin ini. Namun apa yang terjadi di masa depan tergantung pada situasi yang terjadi," lanjut menteri.

Dalam sebuah uji coba, India mengatakan, perlu adanya tindakan pencegahan terhadap China yang telah menjadi negara bersenjata nuklir, tetapi juga telah lama mencemaskan kemampuan nuklir Pakistan.

Halaman
12
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved