Pusat Kebudayaan di Sumber Cirebon Dibangun pada 2020, Ini Sejumlah Fasilitasnya

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Sugeng Raharjo, mengatakan di Hutan Kota Sumber, akan dibangun beberapa fasilitas penunjang

Pusat Kebudayaan di Sumber Cirebon Dibangun pada 2020, Ini Sejumlah Fasilitasnya
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Hutan Kota Sumber yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (16/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Hutan Kota Sumber yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, dalam waktu dekat akan disulap pemerintah daerah menjadi kawasan pusat kebudayaan.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Sugeng Raharjo, mengatakan di Hutan Kota Sumber, akan dibangun beberapa fasilitas penunjang, yakni pusat kuliner, kawasan ekosistem flora fauna, dan panggung pertunjukan.

"Program Pak Bupati dalam menunjang kabupaten berbudaya, pembangunan akan dilaksanakan pada 2020," kata Sugeng Raharjo di Kompleks Pemerintahan Daerah Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Jumat (16/8/2019).

Sugeng menyebut total lahan yang akan digunakan menjadi pusat kawasan kebudayaan seluas sekitar 6 hektare.

Rinciannya 4,1 hektare di Hutan Kota Sumber dan 1,4 hektare di lokasi eks Pasar Sumber atau seberang hutan kota.

Nobar Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPRD Kota Cirebon, Beberapa Anggota Dewan Asik Sendiri

Hutan Kota Sumber Cirebon Bakal Jadi Kawasan Pusat Kebudayaan

Terkait teknis pelaksanaan, kata Sugeng, akan didesain semaksimal mungkin hingga menjadi kesatuan yang utuh, sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat di wilayah pusat pemerintahan daerah.

"Untuk anggaran, masih dalam perencaan dan mudah-mudahan tahun ini bisa selesai," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2014, termasuk menjadikan daerah tersebut adalah kabupaten berbudaya.

Realisasi program, kata Rahmat, akan segera dilaksanakan pada tahun ini dan dilakukan oleh sejumlah dinas terkait, yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Budaya, Pariwisata, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon.

"Permintaan Pak Bupati dalam menunjang kabupaten berbudaya, dalam peninjauan yang dilakukan pun untuk percepatan program visi misi kepala daerah," kata Rahmat di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Jumat (16/8/2019).

KA Argo Cheribon Mulai Beroperasi, PT KAI Daop 3 Cirebon Bagikan 2019 Kue ke Penumpang

Selain Hutan Kota Sumber, kata Rahmat, beberapa lokasi lain di Kabupaten Cirebon pun memiliki potensi untuk dijadikan pusat kebudayaan.

Hutan Kota Sumber, ucapnya, dinilai lebih representatif karena ditunjang dari beberapa aspek, mulai dari ketersediaan luas lahan, sarana parkir memadai, dan berada dekat pusat pemerintahan daerah.

"DLH harus segera membuat grand desain sehingga kegiatan bisa dilakukan mulai dari penganggaran hingga pelaksanaan," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved