Hutan Kota Sumber Akan Dijadikan Pusat Kebudayaan, Begini Kondisinya Sekarang

Hutan Kota Sumber yang berada di pusat Pemerintahan Kabupaten Cirebon, kondisinya kian terbengkalai

Hutan Kota Sumber Akan Dijadikan Pusat Kebudayaan, Begini Kondisinya Sekarang
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kondisi Hutan Kota Sumber yang berada di pusat Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Jumat (16/8/2019), tampak tidak terawat. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Hutan Kota Sumber yang berada di pusat Pemerintahan Kabupaten Cirebon, kondisinya kian terbengkalai.

Taman yang dibangun pada 2014 ini banyak mengalami kerusakan dan tidak terawat.

Pantauan Tribun Jabar, Jumat (16/8/2019), taman yang diresmikan oleh mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, tampak gersang dan beberapa bagian seperti tembok mengalami keretakan.

Kolam air mancur yang berada di tengah Hutan Kota Sumber pun tidak berfungsi, rumput ilalang setinggi satu meter tumbuh subur, dan kondisi airnya pun berwarna keruh, sehingga mengurangi keindahan taman tersebut.

Hutan Kota Sumber Cirebon Bakal Jadi Kawasan Pusat Kebudayaan

Dibeberapa titik pun, tumpukan sampah yang berasal dari sejumlah jongko pedagang kaki lima (PKL) tampak terlihat, bahkan tepat di belakang hutan kota, dijadikan sebagai tempat pembakaran sampah.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Sugeng Raharjo, mengatakan, dari 2014 hingga saat ini, belum ada upaya perbaikan infrastruktur dan hanya ada perawatan kebersihan saja.

"Setiap hari kami dibersihkan, banyak penjualan kuliner yang menghasilkan sampah, ini menjadi tanggung jawab kita," kata Sugeng di komplek Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Jumat (16/8/2019).

Pusat Kebudayaan di Sumber Cirebon Dibangun pada 2020, Ini Sejumlah Fasilitasnya

Pada waktu sore hingga malam hari, Hutan Kota Sumber pun digunakan sebagai tempat muda mudi Kabupaten Cirebon melalukan berbagai kegiatan, mulai dari nongkrong, hingga berpacaran.

Hutan Kota Sumber yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, dipilih oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Cirebon menjadi salah satu lokasi yang nantinya akan menjadi kawasan pusat kebudayaan dan seni.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved