Sedikitnya 8.000 Peserta Memeriahkan Karnaval Agustusan di Alun-alun Lembang

Sedikitnya 8.000 peserta memeriahkan Karnaval Agustusan menjelang perayaan HUT ke-74 RI di Alun-alun Lembang

Sedikitnya 8.000 Peserta Memeriahkan Karnaval Agustusan di Alun-alun Lembang
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kemeriahan Karnaval Agustusan di Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Sedikitnya 8.000 peserta memeriahkan Karnaval Agustusan menjelang perayaan HUT ke-74 RI di Alun-alun Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (15/8/2019).

Pantauan Tribun Jabar, peserta karnaval ini berasal dari semua kalangan masyarakat mulai dari pelajar TK, SD, SMP hingga SMA dan ada juga dari warga yang ada di semua wilayah Lembang.

Arak-arakan yang ditampilkan oleh masing-masing peserta tampak beragam, mulai dari marching band, angklung, keanekaragaman pakaian adat, hingga atraksi-atraksi lainnya.

Camat Lembang, Slamet Nugraha, mengatakan, dengan adanya kegiatan karnaval tersebut bisa meningkatkan kebersamaan masyarakat dari 16 desa untuk menjaga budaya di Kecamatan Lembang.

Memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia pada 17 Agustus, Ini Deretan Ucapan Buat Update Medsos

Kemeriahan Karnaval Agustusan di Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat 1
Kemeriahan Karnaval Agustusan di Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat 1 (Tribunjabar/Hilman Kamaludin)

"Apalagi Lembang ini merupakan kawasan wisata jadi harus berbudaya. Makanya tema yang diambil disiplin berbudaya, meningkatkan kemandirian untuk menunju Indonesia yang unggul," ujarnya saat ditemui di Alun-alun Lembang, Kamis (15/8/2019).

Sebelum mengadakan karnval ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat desa, RT/RW, instansi pemerintahan serta komunitas seni dan budaya supaya bisa ikut serta memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

"Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias menyaksikan acara sampai berakhir. Untuk peserta yang ikut memeriahkan ada sekitar delapan ribuan," ujarnya.

Karnaval Agustusan di Lembang, Kamis (15/8/2019). 1
Karnaval Agustusan di Lembang, Kamis (15/8/2019). 1 (istimewa)

Dengan terselenggaranya karnaval yang meriah ini, kata dia, untuk kedepan Lembang harus menjadi daerah percontohan dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan.

"Sehingga harus ada partisipasi antara pengusaha, tokoh masyarakat dan para pemudanya. Agar daerah ini semakin maju," katanya.

Lapak PKL Cicadas Gaya Baru Lebih Kecil Dibanding Sebelumnya tapi PKL Menerima Demi Estetika

Seorang penonton warga Lembang, Wanti (25), mengatakan, karnaval tersebut memang setiap tahun digelar, tepatnya sebelum HUT Kemerdakaan pada 17 Agustus untuk meningkatkan kebersamaan setiap masyarakat.

"Untuk memeriahkannya juga memang seperti ini dengan menyajikan kesenian tradisional dari peserta di setiap desa. Alhamdulillah dari 16 desa itu biasanya ikut serta," ucapnya.

Menurutnya, setiap tahun karnaval ini memang selalu meriah karena banyak keunikan dan keseruan yang ditampilkan oleh masing-masing peserta.

Karnaval Agustusan di Lembang, Kamis (15/8/2019) 2
Karnaval Agustusan di Lembang, Kamis (15/8/2019) 2 (istimewa)
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved