Perda K3 Dicabut, Pemkot Bandung Menggantinya dengan Perda Tibum Tralinmas

Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi mengatakan adanya Perda Tibum Tralinmas otomatis Perda K3 dicabut

Perda K3 Dicabut, Pemkot Bandung Menggantinya dengan Perda Tibum Tralinmas
Tribun Jabar/Tiah SM
Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Idris Kuswandi di Balai Kota, Kamis (15/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Perda Ketertiban Umum Ketentraman Perlindungan Masyarakat ( Perda Tibum Tralinmas) segera diberlakukan khususnya mengatur pedagang kaki lima (PKL).

"Adanya Perda Tibum Tralinmas otomatis Perda K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan ) dicabut," ujar Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Idris Kuswandi di Balai Kota, Kamis (15/8/2019).

Dalam regulasi yang baru ini, ada beberapa aspek yang mengalami penyesuaian. Antara lain mengenai zonasi Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Ada ruas jalan dan tempat tertentu yang awalnya tidak diperbolehkan ada PKL, kini diperbolehkan dengan syarat adanya penataan," ujar Idris.

Contohnya kawasan PKL di Cicadas yang semula berada di zona merah sekarang termasuk zona kuning setelah adanya berbagai pertimbangan dan kajian.

Wakil Wali Kota Bandung Resmikan PKL Cicadas Gaya Baru, Begini Kondisinya Sekarang

Menurut Idris umum ada 7 tempat yang termasuk zona merah bagi PKL, di antaranya tempat ibadah, rumah sakit, komplek militer, jalan nasional, jalan provinsi, dan tempat lain yang diatur sesuai perundangan seperti depan rumah dinas, sekolah, jalan tertentu, persimpangan, dan jalan yang ditetapkan: car free day, kawasan lindung dan Gasibu.

Idris mengatakan di Perda Tibum Tralinmas, terdapat perubahan terkait zona merah seperti untuk PKL di rumah sakit, itu diperkecualikan dengan pertimbangan tidak menghalangi aksesbilitas rumah sakit dan tidak di pintu masuk.

Idris menambahkan, pergantian Perda K3 menjadi Perda Tibum Tralinmas merupakan adaptasi.

Karena ada beberapa regulasi yang tidak tersentuh di Perda K3.

"Dalam Perda Tibum Tralinmas ini lebih rinci dalam mengatur tentang Ketertiban Umum, Ketentraman dan Perlindungan Masyarakat seperti regulasi keberadaan moko (motor toko, red) misalnya. Dan beberapa aspek yang belum diatur dalam Perda K3," paparnya.

Yana Mulyana Ajak Warga Kota Bandung Bangun Kolam Retensi Tanpa Biaya APBD

Saat ini Perda Tibum Tralinmas sedang dalam proses penomoran di tingkat Provinsi dan sebentar lagi akan diundangkan.

"Perda sudah selesai di paripurna.dan segera disosialisasi lalu diterapkan," ujar Idris.

Idris minta masyarakat Kota Bandung yang ingin membuka usaha sebagai PKL untuk mengetahui tentang aturan yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan bagi masyarakat lainnya.

"Pada dasarnya berjualan itu tidak dilarang. Tapi jangan berjualan di tempat terlarang," ujarnya. (tiah sm)

BREAKING NEWS, Pileuleuyan Rene Mihelic, Bojan Malisic & Artur Gevorkyan, Persib Coret 3 Pemain

3 Polisi Terbakar Saat Amankan Unjuk Rasa Mahasiswa, Begini Kronologi Lengkapnya, 11 Orang Diamankan

Teriakan Persib Butut Kembali Menggema Usai Laga Persib Bandung vs Borneo, Masalah Sepanjang Musim

Penulis: Tiah SM
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved