Setahun Gempa Lombok, ACT Tebarkan Kebahagiaan Iduladha bersama Penyintas Gempa

Khusus di Lombok, Global Qurban - ACT kembali menebarkan kebahagiaan kurban untuk para penyintas gempa.

Setahun Gempa Lombok, ACT Tebarkan Kebahagiaan Iduladha bersama Penyintas Gempa
Istimewa
Khusus di Lombok, Global Qurban - ACT kembali menebarkan kebahagiaan kurban untuk para penyintas gempa. Sebanyak 15 ekor sapi disembelih untuk warga yang tinggal di Integrated Community Shelter (ICS) Gondang dan warga Lombok Utara. 

TRIBUNJABAR.ID, LOMBOK– Global Qurban - Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan terdepan kembali menunjukkan keseriusannya dalam menyebarluaskan kebermanfaatan di Indonesia.

Pada 10 Dzulhidjah lalu, Global Qurban - ACT telah mendistribusikan ke jutaan penerima manfaat dan akan masih menerima amanah kurban para dermawan hingga hari Tasyrik ketiga.

Khusus di Lombok, Global Qurban - ACT kembali menebarkan kebahagiaan kurban untuk para penyintas gempa.

Sebanyak 15 ekor sapi disembelih untuk warga yang tinggal di Integrated Community Shelter (ICS) Gondang dan warga Lombok Utara.

"Alhamdulillah, kemarin kita menyembelih 15 ekor sapi, amanah dari Kajian Musawarah melalui program Musawarah Berkurban. Nantinya, 15 ekor sapi ini akan didistribusikan ke seluruh kecamatan di Lombok Utara. Warga-warga di ICS juga akan dapat dagingnya. Selain itu, Senin (12/8) ini juga akan ada Syukuran Qurban. Nah, daging yang akan dimasak pada acara ini tidak termasuk dengan daging yang dibagikan. Jadi masing-masing ada yang untuk dibagikan, ada yang untuk dimasak di ICS," terang Romi Saefudin, ketua program ACT cabang NTB.

Selain telah mendirikan ICS, ACT terus membersamai para penyintas gempa selama setahun ini. Hal ini disampaikan pula oleh Rifai, salah satu penghuni ICS Gondang.

VIDEO-Berkahnya Makan Bersama Alias Botram Bersama Kodim 0618/BS, ACT, dan Warga Kota Bandung

ACT Bagikan 7 Ribu Paket Daging Kurban di Priangan Timur, Gelar Syukuran Kurban di Daerah Kekeringan

"Gempanya sudah berlalu tapi pembangunan masih berlangsung sampai sekarang dan membangunnya itu cukup lama. Alhamdulillah, bantuan ini cukup meringankan keadaan kami yang masih tinggal di ICS ini. Jadi, kami sangat berterima kasih kami atas bantuan yang diberikan ACT dan Global Qurban," tutur Rifai.

Program tersebut dilaksanakan di masjid yang terletak di dekat ICS, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

Meskipun masjid itu kini rata dengan tanah, warga tetap memilih menunaikan salat Iduladha di sana. Pasalnya, bagi mereka dahulunya masjid inilah yang cukup menampung warga dari empat dusun di Desa Gondang untuk salat Iduladha.

"Karena kalau di masjid ini dulu bisa menampung warga dari empat dusun saat salat Iduladha. Sampai keluar teras saking banyaknya. Sementara sekarang masjid masih rata dengan tanah dan belum kita bangun lagi. Kalau di tempat lain takut tidak cukup dan agak jauh juga. Jadi tanah masjid ini masih kita gunakan untuk hari raya karena dapat menampung warga dari empat dusun tersebut," kata Kemar, pengurus Masjid Jami An-Nur.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved