Mengintip Kurban di DHIS Primary, Siswa Belajar Teladani Sikap Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Gema takbir yang terucap berkecamuk dengan perasaan sedih, khawatir, juga penasaran yang besar, terpancar dari wajah polos puluhan siswa sekolah dasar

Mengintip Kurban di DHIS Primary, Siswa Belajar Teladani Sikap Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail
Tribun Jabar/Cipta Permana
Para siswa bersama guru-guru DHIS Primary melakukan pemotongan dan pembungkusan daging kurban menggunakan besek untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, dalam rangka pelaksanaan iduladha 1440 H di halaman DHIS Primary, Jalan Brigjen Katamso, Kota Bandung, Senin (12/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana 
 
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gema takbir yang terucap berkecamuk dengan perasaan sedih, khawatir, juga penasaran yang besar, terpancar jelas dari wajah polos puluhan siswa sekolah dasar, saat menyaksikan langsung prosesi penyembelihan hewan kurban di lingkungan Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary saat momentum Iduladha 1440 H, Senin (12/8/2019).

Bahkan, di antara mereka tampak mengernyitkan dahi hingga menitikan air mata saat darah segar mulai mengalir deras akibat terpotongnya bagian kulit leher hingga kerongkongan dari hewan kurban yang disembelih.

Setelah dikuliti dan dibersihkan, potongan daging dan organ berukuran besar dari hewan kurban itu pun diberikan kepada para siswa  kelas 4, 5, dan 6 dibantu guru-guru yang sejak sebelumnya telah menunggu dan bersiap dengan pisau tajamnya, untuk memotong daging tersebut menjadi beberapa bagian kecil.

Potongan daging itu pun kemudian dilakukan penimbangan, dan dimasukan kedalam kotak yang terbuat dari anyaman bambu atau disebut besek, guna di bagikan kepada mustahik yang berasal dari warga sekolah dan masyarakat yang membutuhkan di sekitar luar sekolah.

Daging Kurban Berlafaz Allah Tidak akan Dijual, Dimasak, Apalagi Dibuat Rendang

Potongan Daging Kurban Berlafaz Allah Ditemukan Tepat Mau Azan Zuhur, Warga Sempat Geger

Perasan cemas pun segera berganti senyum bahagia terlihat dari anak-anak, saat prosesi pembagian besek berisi potongan daging tersebut dapat diterima langsung oleh sejumlah mustahik, seperti warga di RW 10 Muararajeun dan Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler.

Sementara sebagian bungkusan daging lainnya dikumpulkan secara kolektif bersama unit sekolah Perguruan Darul Hikam lainnya, untuk di kemudian di distribusikan kepada masyarakat di wilayah Pasir Impun dan Rancaekek.

Para siswa bersama guru-guru DHIS Primary melakukan pemotongan dan pembungkusan daging kurban menggunakan besek untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, dalam rangka pelaksanaan iduladha 1440 H di halaman DHIS Primary, Jalan Brigjen Katamso, Kota Bandung, Senin (12/8/2019).
Para siswa bersama guru-guru DHIS Primary melakukan pemotongan dan pembungkusan daging kurban menggunakan besek untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, dalam rangka pelaksanaan iduladha 1440 H di halaman DHIS Primary, Jalan Brigjen Katamso, Kota Bandung, Senin (12/8/2019). (Tribun Jabar/Cipta Permana)

M. Rio Amrullah (11) salah seorang siswa  primary 5B mengaku, sangat bahagia saat dapat mengetahui hewan yang dikurbankan dapat bermanfaat dan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan.

Terlebih menurutnya tidak semua orang yang ada disekitar sekolah memiliki kondisi ekonomi yang sama dengan dirinya juga teman-temannya di DHIS Primary.

"Awalnya takut tapi sekarang kita senang, soalnya daging yang kita berikan dari kurban ini, bisa diterima langsung sama orang-orang yang engga seberuntung kita di sini. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat dan bikin mereka juga senang," ujarnya saat ditemui di sela memotong daging kurban di halaman DHIS Primary, di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bandung. Senin (12/8/2019).

Hal senada disampaikan Raymeza Alya Zahra (11) siswa primary 5A, menurutnya, menyembelih hewan kurban selain merupakan kewajiban yang diajarkan oleh Islam dan meneladani sikap keikhlasan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, tapi juga mengajarkan mereka tentang kesabaran, rela berkorban, dan gotong royong untuk berbuat kebaikan.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved