BI dan 6 Daerah Tandatangani Kerja Sama Paket Wisata Terintegrasi Priangan Timur

Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya meluncurkan program One Stop East Preanger Tourism atau pariwisata terintegrasi Priangan Timur, Selasa (13/8/2019).

BI dan 6 Daerah Tandatangani Kerja Sama Paket Wisata Terintegrasi Priangan Timur
Tribun Jabar/Isep Heri
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya menandatangani kerja sama paket wisata program One Stop East Preanger Tourism atau pariwisata terintegrasi Priangan Timur, Selasa (13/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya meluncurkan program One Stop East Preanger Tourism atau pariwisata terintegrasi Priangan Timur, Selasa (13/8/2019).

Peluncuran program paket wisata itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman dan kesepakatan antara BI dan enam Kota/Kabupaten yang ada di Priangan Timur.

Di antaranya Pemkab Garut, Pemkab Tasikmalaya, Pemkot Tasikmalaya, Pemkab Ciamis, Pemkot Banjar, dan Pemkab Pangandaran.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Heru Saptaji, menjelaskan, melalui kesepakatan bersama ini sebagai upaya membangun ekonomi berbasis sektor jasa dan sektor pariwisata.

"Di wilayah Priangan Timur ini banyak terdapat potensi yang sangat luar biasa, mulai dari pegunungan, curug, air terjun, laut, pantai, dan situ," sebut Heru Saptaji saat ditemui.

"Lalu komoditas lainya, kuliner, budaya seperti Kampung Naga. Ditambah kekhasan industrinya seperti bordir, mukena, batik, kelom geulis, payung geulis, dan payung bordir," sambungnya.

Kawasan Kawah Kamojang Dijadikan Lokasi Khusus Kawasan Pariwisata Sehat

Libur Idul Adha, Warga Ini Rela Tempuh Perjalanan Jauh ke Kolam Renang dengan View Sawah Terasering

Dia mengatakan melalui program ini menunjukan komitmen untuk sektor wisata secara Integrasi melalui paket wisata di Priangan Timur.

Langkah selanjutnya, pihaknya akan melakukan road show untuk melakukan pemetaan keunggulan di tiap masing-masing daerah.

"Kami akan menyampaikan potensi arah pengembangan ekonomi baik di sektor pertanian, perdagangan, termasuk sektor wisata di Priangan Timur yang bisa di sinergikan," tambah Heru.

Di lokasi yang sama, Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, adanya penandatangan komitmen ini menjadi tantangan bagi setiap daerah yang terlibat untuk lebih baik.

Nasib Enzo Zenz Allie di Akademi Militer Telah Diputuskan KSAD, Ini Kata Jenderal Andika Perkasa

Robert Alberts Bilang Begini Soal Pertandingan Persib Bandung vs Borneo FC, Besok

"Tentu kesepakatan ini menjadi sebuah tantangan bagi kami, pemerintah, seniman, budayawan, UMKM untuk menghadirkan kreativitas kreasi dan inovasi yang ada seperti kuliner, cagar budaya, wisata alam, dan industri kreatif yang lebih bisa menarik wisatawan," kata dia.

Adanya paket wisata yang terintegrasi di Priangan Timur, kata Budi Budiman merupakan upaya saling melengkapi atau bentuk kolaboratif.

"Ini jelas akan dapat menutupi kekurangan dan kelebihan di masing masing daerah. Misalkan wisata alam Laut di Kota Tasikmalaya tidak ada, tetapi di Kabupaten Pangandaran ada, atau di Garut. Kemudian yang lainnya," jelas Budi Budiman.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved