2 Partai Penguasa Kursi di DPRD Jawa Barat Siap Kritisi Program Gubernur Ridwan Kamil

Kedua partai akan bersinergi dengan Pemprov Jawa Barat sekaligus tidak gentar untuk menyampaikan kritik program-program Gubernur Ridwan Kamil

2 Partai Penguasa Kursi di DPRD Jawa Barat Siap Kritisi Program Gubernur Ridwan Kamil
Tribun Jabar/Haryanto
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat ditemui usai Salat Idul Adha di Lapangan Gasibu, Jalan Dipenogoro, Bandung pada Minggu (11/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Partai Gerindra dan PKS menjadi peraih kursi terbanyak di DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019-2024.

Kedua partai ini menyatakan akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sekaligus tidak gentar untuk menyampaikan kritik program-program Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Dalam rapat pleno yang di KPU Provinsi Jawa Barat untuk menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Jawa Barat hasil Pemilu 2019, Selasa (13/8/2019), Gerindra ditetapkan memperoleh 25 kursi sedangkan PKS mendapat 21 kursi.

Raihan kursi kemudian disusul PDIP 20 kursi, Partai Golkar 16 kursi, dan PKB 12 kursi. Adapun perolehan selanjutnya adalah Partai Demokrat 11 kursi, PAN 7 kursi, Nasdem 4 kursi, PPP 3 kursi, dan Perindo 1 kursi.

Enam partai politik peserta Pemilu 2019 yang tidak mendapat kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019-2024 adalah Partai Garuda, Partai Berkarya, PSI, Partai Hanura, PBB, dan PKPI.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Bidang Organisasi, Buky Wibawa, mengatakan salah satu tugas dari anggota legislatif adalah mengkritisi kebijakan eksekutif yang dinilai tidak memihak masyarakat.

PDIP Digusur Partai Gerindra dan PKS di Jabar, Berikut Perolehan Kursi DPRD Jabar di 15 Dapil

120 Orang Ditetapkan Sebagai Anggota DPRD Jabar 2019-2024, 75 di Antaranya Wajah Baru

KPU Jabar menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Jawa Barat hasil Pemilu 2019 melalui rapat pleno terbuka di Kantor KPU Jabar, Selasa (13/8/2019).
KPU Jabar menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Jawa Barat hasil Pemilu 2019 melalui rapat pleno terbuka di Kantor KPU Jabar, Selasa (13/8/2019). (Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam)

Hal tersebut, katanya, harus dilakukan juga oleh semua pihak yang memperoleh jatah kursi di DPRD Jabar.

"Jadi memang harus sering-sering berteriak. Artinya bukan berteriak menggonggong, tetapi mengkritisi setiap kebijakan, apakah sesuai atau tidak. Sesuai dengan kapasitas kami sebagai anggota dewan," ujar Buky yang juga terpilih mengisi kursi DPRD Jabar dari daerah pemilihan Jabar 1 tersebut.

Saat ditanya mengenai rencana untuk menjadi oposisi Pemerintah Gubernur Jawa Baat Ridwan Kamil, Buky mengatakan pihaknya hanya akan berupaya mengedepankan kepentingan masyarakat Jabar.

Halaman
1234
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved