Breaking News:

Tanah Ambles di Tanggul Sungai Cimanuk Indramayu Ditangani Pemprov Jabar, Sudah Ancam Pemukiman

Permasalahan tanah ambles di tanggul Sungai Cimanuk Desa Kertasemaya, Blok Rengas Payung

Editor: Ichsan
Istimewa
Rumah yang terdampak tanah ambles di tanggul Sungai Cimanuk Desa Kertasemaya Blok Rengas Payung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Senin (12/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Permasalahan tanah ambles di tanggul Sungai Cimanuk Desa Kertasemaya, Blok Rengas Payung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu akan dilimpahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Indramayu, Khafidun mengatakan, pemerintah Kabupaten Indramayu sebelumnya telah melakukan upaya dengan pengurukan dan pemerataan tanah kembali.

Namun, upaya tersebut tidak bertahan lama. Tanah tersebut terus bergerak dan turun setiap harinya. Sekarang ini turunnya tanah sudah sedalam 1,20 meter.

"Bencana ini memang sudah menjadi bahasan pemerintah provinsi, bahkan nasional," ujar dia saat ditemui Tribuncirebon.com di ruangannya, Senin (12/8/2019).

Borneo FC Percaya Diri Hadapi Persib Bandung, Mario Gomez Boyong 19 Pemain

Ia mengatakan pihaknya sekarang ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung.

Disampaikan Khafidun, pemda Kabupaten Indramayu sudah melayangkan surat siaga darurat kepada BBWS Cimanuk-Cisanggarung.

"BBWS juga sudah berjanji akan menindak lanjuti," ucap dia.

Terkait waktu pelaksanaan penanggulangan oleh pihak pemerintah provinsi itu disampaikan Khafidun, tidak bisa memastikan kapan waktu pelaksaannya.

Ia memprediksi, penanganan akan segera dilakukan pihak pemerintah provinsi dalam waktu dekat pada akhir Agustus atau September nanti.

Hal ini mengingat jika dibiarkan berlarut-larut akan membahayakan keselamatan warga di saat musim penghujan nanti.

"Pekerjaan itu tidak bisa sekonyong-konyong sekarang datang besok di kerjakan. Harus disurvey, di kaji dahulu baru dilaksanakan," ucap dia.

Pria Ini Sudah Lolos Tes CPNS, Ujungnya Malah Dibatalkan, Begini Kata Pemkab KBB

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved