Hewan Kurban di Desa Bodelor Capai Ratusan Ekor, Sebagian Besar Merupakan Hasil dari Kolektif Warga

Panitia pemotongan hewan kurban Desa Bodelor, Surono (58), mengatakan, selama 42 tahun ini, warga di Desa Bodelor selalu menitipkan hewan kurban

Hewan Kurban di Desa Bodelor Capai Ratusan Ekor, Sebagian Besar Merupakan Hasil dari Kolektif Warga
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Suasana setelah penyembelihan hewan kurban di pelataran Kantor Desa Bodelor, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, pada Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sebanyak 135 hewan kurban dipotong di Desa Bodelor, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, pada Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8/2019), pemotongan tersebut melibatkan ratusan warga.

Dari 135 hewan kurban yang diterima panitia pemotongan hewan kurban, yakni 106 ekor kambing/domba dan 29 ekor sapi.

Panitia pemotongan hewan kurban Desa Bodelor, Surono (58), mengatakan, selama 42 tahun ini, warga di Desa Bodelor selalu menitipkan hewan kurban terpusat di desa dan tidak ada yang melakukan pemotongan secara masing-masing.

135 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Desa Bodelor Cirebon, Puluhan Sapi dan Seratusan Domba

"Budaya di desa kami itu gotong royong, sampai kurban pun dilakukan di desa," kata Surono di Desa Bodelor, Minggu (11/8/2019).

Berbeda dengan daerah lainnya, hewan kurban yang ada di desa tersebut diberikan oleh warga secara kolektif dan warga mendaftarkan untuk berkurban beberapa bulan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Jadi warga bisa nabung dahulu, kami melihat mereka sangat antusias," katanya.

Ia berharap, semangat warga dalam berkurban setiap tahunnya dapat meningkat dan adanya hari raya ini, semakin meningkatkan kebersamaan dengan warga lainnya.

Nantinya, kata Surono, daging kurban tersebut akan dibagikan secara merata kepada seluruh warga Desa Bodelor, dengan cara mendatangi masing-masing rumah.

"Untuk rumah yang di dalamnya lebih dari 6 orang, akan dibagi dua kantung daging," katanya.

Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah hewan kurban yang dititipkan kepada panitia penyembelihan hanya sebanyak 125 ekor, 98 ekor kambing/domba dan 27 ekor sapi.

Sekitar Seribu Warga Menunggu Daging Kurban di Masjid Raya Bandung

Pantauan Tribun Jabar, ratusan warga terlihat membantu proses pemotongan hewan kurban, mulai dari proses penyembelihan, menguliti, pemisahan daging dengan tulang, hingga memasukan kepada kedalam plastik, lalu akan dibagikan ke seluruh warga di Bodelor pada sore hari.

Prosesi pemotongan hewan kurban tersebut pun, menjadi tontonan bagi warga sekitar, bahkan beberapa pengendara yang melintas pun menepikan kendaraannya, untuk menyaksikan secara langsung dan juga mengabadikan menggunakan ponsel.

Warga Desa Bodelor, Mulyadi (40), mengatakan, setiap tahunnya ia selalu membantu proses pemotongan hewan kurban, meskipun tidak diminta langsung oleh panitia dari pihak desa atau DKM Masjid.

"Selalu membantu, mudah-mudahan bantuan saya bisa membantu panitia dengan warga lainnya," katanya.

Ratusan Bobotoh Datangi Kantor PT PBB Kemarin, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar Angkat Bicara

Tak Menang di 4 Pertandingan Terakhir, Bisakah Persib Bandung Bangkit? Ini Penjelasan Robert Alberts

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved