Perjuangan Kembali Menghadirkan Terang ke Seluruh Jabar

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang karyawan untuk melaksanakn tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) di suatu instansi atau lembaga.

Perjuangan Kembali Menghadirkan Terang ke Seluruh Jabar
Kolase Tribun Jabar
Aditya Darmawan, Manajer Operasi Sistem PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat. (Sumber Foto: Istimewa) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sudah menjadi kewajiban bagi seorang karyawan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) di suatu instansi atau lembaga.

Namun tidaklah mudah ketika harus pula dituntut melaksanakan tugas di sela waktu libur yang juga menjadi hak seorang karyawan.

Namun dedikasi serta keinginan untuk memberikan pelayanan terbaik, seorang karyawan berupaya memastikan listrik kembali menerangi 100% wilayah Jabar, seperti yang dilakukan Aditya Darmawan, Manajer Operasi Sistem.

"Hari itu, tepat saat hari libur, Saya baru mau menyalakan mobil untuk mengajak anak istri jalan-jalan di hari Minggu, waktu saya baca di Grup WA dari Jakarta dan dari KAI, sontak saya segera naik motor menuju kantor,” kata Aditya Darmawan, Manajer Operasi Sistem PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, saat ditemui di ruangan kerjanya di Jalan Asia Afrika, Bandung, Rabu.

Permukiman warga Jakarta difoto dari Rusun Karet Tengsin terlihat gelap gulita hanya gedung perkantoran dan apartemen yang terang, Minggu malam (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa.
Permukiman warga Jakarta difoto dari Rusun Karet Tengsin terlihat gelap gulita hanya gedung perkantoran dan apartemen yang terang, Minggu malam (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Laki-laki berperawakan tinggi dan tegap ini menuturkan bahwa saat dia datang ke ruangan dispatcher, di lokasi sudah ada Pak Riko, Manager UP2D (Unit Pelaksana Pengatur Distribusi) yang siang itu sedang bersama anak istrinya lari pagi di taman Saparua.

Aditya merasakan betul situasi padam total hari itu dan melihat rekan-rekan dispatcher yang kebetulan tidak sedang piket turun satu-persatu, hadir bahu-membahu memastikan kondisi listrik saat itu.

Manajer Muda ini segera memberikan komando ke seluruh Manager Teknik yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat mulai dari Bandung, Bekasi, Bogor Cianjur, Cikarang, Cimahi, Cirebon, Depok, Garut, Gunung Putri, Indramayu, Karawang, Majalaya, Purwakarta, Sukabumi, Sumedang sampai Tasikmalaya agar segera berkoordinasi dengan Humas wilayah memberikan informasi lokasi padam dan melakukan rencana apa yang harus segera dilakukan.

Aditya Darmawan, Manajer Operasi Sistem PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat
Aditya Darmawan, Manajer Operasi Sistem PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (Istimewa)

“Yang paling bikin saya deg-degan saat Pak Gunawan (Manager PLN Bogor) didatangi Paspampers ketika siaga di Istana Bogor, kebetulan sedang ada acara family gathering dengan menteri dan beberapa tamu VIP, kami segera mencari energi pasokan agar lokasi tidak padam,” katanya penuh haru.

Di ruangannya yang berwarna kuning terang itu dia menceritakan betapa dia salut dengan kegigihan rekan-rekannya di lapangan memastikan listrik kembali menerangi 100% wilayah Jabar.

Bagi Adit sendiri ikhlas tidak mandi bahkan tidak sempat pulang bertemu anak istri selama 2 hari.

“Tapi sekarang saya sudah tenang, listrik sudah normal,” tutupnya dengan senyum lebar. (siti fatimah)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved