Pemkab Cirebon Temukan Ratusan Hewan Kurban di Bawah Umur

Disnak Kabupaten Cirebon, menemukan ratusan hewan kurban yang tidak layak untuk disembelih dan dijual oleh sejumlah pedagang

Pemkab Cirebon Temukan Ratusan Hewan Kurban di Bawah Umur
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi: Domba 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dinas Peternakan Kabupaten Cirebon, menemukan ratusan hewan kurban yang tidak layak untuk disembelih dan dijual oleh sejumlah pedagang hewan ternak di Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Ali Effendi, mengatakan, dari hasil pemeriksaan di sejumlah tempat penjualan hewan kurban di Kabupaten Cirebon, ditemukan sebanyak 275 ekor tidak layak menjadi hewan kurban dan tidak layak jual.

Ia menambahkan, hewan kurban yang di bawah umur, dilarang untuk dijual guna kebutuhan kurban, lantaran tidak sesuai dengan syariat aturan dalam penyembelihan hewan kurban.

"Dilarang untuk dijual, sedangkan yang sakit masih bisa untuk diobati," kata Ali di Komplek Perkantoran Pemkab Cirebon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (8/8/2019).

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, ada 254 tempat pemotongan hewan, 88 lokasi penjualan.

Penjualan Sapi Kurban di Talun Cirebon Meningkat Dibanding Tahun Lalu, Omzet Capai Miliaran Rupiah

DKM Masjid Raya Bandung Akan Terima Titipan Hewan Kurban Sapi Limosin Berat 1 Ton dari Jokowi

Tercatat pula, kebutuhan kambing/domba sebanyak 13 ribu ekor serta 3 ribu ekor sapi.

Penjualan hewan kurban jenis sapi di Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, terus mengalami peningkatan hingga tiga sebelum Hari Raya Idul Adha, yang akan jatuh pada Minggu (11/8/2019).

Di kawasan Kelompok Tani Padusan, Desa Kubang, Kecamatan Talun, ratusan sapi yang dalam kondisi sehat sebagian besarnya telah dipesan dan akan segera diantarkan ke lokasi masing-masing pemesan sebelum Hari Raya Idul Adha.

Jahari (50), Ketua Kelompok Tani Padusan yang juga merupakan peternak sapi, menyebutkan, hingga saat ini, sapi yang terjual sebanyak 250 ekor, mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, yakni hanya 203 ekor.

Sapi kurban yang dijual di Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon
Sapi kurban yang dijual di Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)

"Tahun ini lumayan cukup banyak, yang order sudah mulai dilakukan dari akhir tahun lalu," kata Jahari di lokasi peternakan sapi Desa Kubang, Kecamatan Talun.

Beberapa jenis sapi yang paling banyak diminati oleh para pembeli di peternakan tersebut, yakni jenis limousin, ongole, simmental, brahman, hingga beberapa jenis sapi lokal, telah berusia sesuai aturan untuk disembelih.

Untuk harga satu ekor sapi, kata Jahari, memiliki harga variatif, mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 40 juta dan ia mengaku hingga hari ini, mengaku telah meraup omzet hingga Rp 5 miliar.

"Tahun lalu cuma tiga miliar, sekarang lumayan, ada kemungkinan meningkat," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved