OTT KPK Amankan Rp 2 Miliar dan Tangkap Tangan Kanan Anggota DPR, Diduga Terkait Impor Bawang Putih

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan ( OTT) pada Rabu malam (7/8/2019), sekitar pukul 21.30 WIB, terkait impor bawang p

OTT KPK Amankan Rp 2 Miliar dan Tangkap Tangan Kanan Anggota DPR, Diduga Terkait Impor Bawang Putih
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Agus Rahardjo 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan ( OTT) pada Rabu malam (7/8/2019), sekitar pukul 21.30 WIB, terkait impor bawang putih.

Dari operasi tersebut diamankan uang senilai Rp 2 miliar.

Orang yang diamankan dalam operasi tersebut termasuk unsur swasta, pengusaha importir, sopir, dan orang kepercayaan anggota DPR RI.

"Betul tadi malam mulai jam 21.30 ada giat di Jakarta, 11 orang sudah diamankan di Gedung KPK," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo lewat keterangan tertulis, Kamis (8/8/2019).

Dulu Golkar, lalu Pindah ke Demokrat, Kini Nyebrang ke PDIP, Ruhut Sitompul Pun Hadiri Kongres PDIP

Menurut dia, KPK menerima informasi rencana pemberian uang kepada seorang anggota DPR dari komisi yang bertugas di bidang perdagangan, perindustrian, dan investasi.

Namun, Agus tidak merinci siapa orang kepercayaan anggota DPR tersebut. Ia juga tidak menyebut anggota DPR yang dimaksud.

Agus menyampaikan, belakangan KPK menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia.

 Setelah dicek, diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan.

"Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp 2 miliar. Selain itu, dari orang kepercayaan anggota DPR ditemukan mata uang asing berupa dollar AS, masih dalam proses penghitungan dan penelusuran," ujar dia.

Belum diketahui dengan pasti siapa saja yang diamankan dalam OTT ini. Namun, KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan. (Kompas.com/Christoforus Ristianto)

Aktivis Jalanan Kota Bandung Ini Mampu Kalahkan Basaria Panjaitan, Lolos Tes Psikologi Capim KPK

Basaria Panjaitan Tak Lolos Tes Psikologi Seleksi Capim KPK 2019-2023, Begini Komentarnya

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved