Cerita Megawati 10 Tahun Jadi Oposisi di Era SBY, Ditawari 8 Kursi Menteri Tak Tergiur

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bercerita mengenai keteguhannya menjadi oposisi setelah kalah dalam Pemilu 2004.

Cerita Megawati 10 Tahun Jadi Oposisi di Era SBY, Ditawari 8 Kursi Menteri Tak Tergiur
Kolase Tribun Jabar/ Foto Megawati: KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO, Foto SBY: ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A
Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 

TRIBUNJABAR.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bercerita mengenai keteguhannya menjadi oposisi setelah kalah dalam Pemilu 2004.

"Waktu Presidennya Pak SBY, saya bilang ke beliau. Pak, saya enggak mau masuk kabinet. Karena dulu ditawari delapan atau piro ya (kursi) menteri," ujar Megawati saat pidato di Kongres ke-V PDI-P di Grand Ina Beach, Denpasar, Bali, Rabu (8/8/2019).

Keteguhan Megawati tersebut diakui sempat diprotes oleh sejumlah elite partai. Banyak kader PDI-P yang menyayangkan Megawati menolak tawaran SBY tersebut.

"Tadinya anak-anak menggerutu. Ibu gimana sih, sudah susah-susah berjuang, masak enggak masuk (kabinet)," lanjut Presiden ke-5 RI tersebut. 

Ia pun bersikap tegas kepada kader partai yang menggerutu itu.

"Saya bilang, kalau lu mau jadi menteri (di era SBY), mesti keluar dari PDI-P," kata Megawati, kala itu.

Kini terbukti, atas keteguhannya menjadi oposisi selama 10 tahun, PDI Perjuangan berjaya, mulai dari Pemilu 2014 hingga Pemilu 2019.

"Nyatanya 10 tahun (oposisi), hidup juga kok," ujar Megawati. Ia sekaligus mengajak seluruh kader partainya untuk melanjutkan kejayaan pada Pemilu 2024 mendatang melalui kerja-kerja yang dekat dengan rakyat.

Nama Ahok Disebut Megawati

Mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok BTP atau bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama benar-benar hadir di tengah-tengah undangan Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019).

Halaman
1234
Editor: Fidya Alifa Puspafirdausi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved