Bank bjb dan Pemkot Tasikmalaya Kerja Sama SP2D Online, Pencairan Dana Lebih Cepat

Pemkot Tasikmalaya bekerja sama dengan Bank Jawa Barat dan Banten atau bank bjb dalam hal surat perintah pencairan dana (SP2D) daring atau online.

Bank bjb dan Pemkot Tasikmalaya Kerja Sama SP2D Online, Pencairan Dana Lebih Cepat
Tribun Jabar/Isep Heri
Pemkot Tasikmalaya bekerja sama dengan Bank Jawa Barat dan Banten atau bank bjb dalam hal surat perintah pencairan dana (SP2D) daring atau online. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA- Pemkot Tasikmalaya bekerja sama dengan Bank Jawa Barat dan Banten atau bank bjb dalam hal surat perintah pencairan dana (SP2D) daring atau online.

SP2D merupakan satu di antara instrumen selain cek, bilyet giro, dan standing Instruction yang dipergunakan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk melakukan kegiatan belanja daerah.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb M Asadi Budiman menuturkan proses pencairan dana melalui SP2D secara manual, selama ini memakan waktu yang cukup lama.

"Untuk satu dokumen SP2D membutuhkan waktu 5-7 menit, dalam satu hari terdapat banyak SP2D yang harus dicairkan," katanya melalui pers rilis yang diterima Tribun Jabar, Kamis (8/8/2019).

Proses manual itu, ucapnya, memungkinkan adanya human error dari bendahara umum daerah atau petugas bank.

"Karena SP2D yang terbit harus dicairkan pada hari yang sama termasuk pajak-pajak yang terkandung di dalamnya," kata M Asadi Budiman.

12 Desa di Ciamis Sudah Krisis Air Bersih, BPBD Ajak Donator Gelar Sedekah Air

Pustakawan di Tasikmalaya Diharapkan Bisa Sumbang Kesejahteraan Masyarakat Melalui Ini

Dia menjelaskan peningkatan Layanan SP2D secara online di antaranya bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan mempercepat waktu proses pencairan.

"Adanya suatu koneksi atau host to host (H2H) antara data-data SP2D yang siap dicairkan dengan aplikasi perbankan bank bjb dapat meminimalisir faktor human error," jelas dia.

"Karena petugas bank tidak perlu menginput seluruh isi atau data dari dokumen SP2D tadi, tapi cukup dengan melakukan inquiry berdasarkan nomor SP2D yang siap untuk dicairkan tersebut," lanjut M Asadi Budiman.

Lalu keuntungan lainnya, ialah integrasi ini dilengkapi dengan kemudahan dan terdapat Dashboard SP2D online yang dapat diakses oleh pihak Pemda.

"Jadi untuk melihat SP2D yang masuk, SP2D yang telah dicairkan dan yang belum dicairkan oleh pihak bank tanpa harus melakukan konfirmasi dan Dashboard ini bersifat realtime," jelas dia.

Keunggulan lain adanya fitur check nomor rekening nasabah (khusus nasabah bank bjb) sehingga meminimalisir kesalahan penginputan nomor rekening penerima SP2D.

Dia mengharapkan SP2D online ini dapat menjadi kerjasama yang saling menguntungkan dan kemajuan bersama

"Pemda akan sangat terbantu dan menjadikan layanan ini sebagai salahsatu andalan dari kegiatan transaksi non tunai," katanya.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved