12 Desa di Ciamis Sudah Krisis Air Bersih, BPBD Ajak Donator Gelar 'Sedekah Air'

Memasuki bulan Agustus ini krisis air bersih akibat kemarau sudah terjadi di 6 kecamatan meliputi 12 desa/kelurahan di Ciamis.

12 Desa di Ciamis Sudah Krisis Air Bersih, BPBD Ajak Donator Gelar 'Sedekah Air'
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Ilustrasi-- Warga antre air bersih. Di Ciamis, 12 desa sudah mengalami krisis air bersih. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS-  Memasuki bulan Agustus ini krisis air bersih akibat kemarau sudah terjadi di 6 kecamatan meliputi 12 desa/kelurahan di Ciamis.

Ke-12 wilayah yang krisis air bersih itu meliputi Desa Gegempalan (Cikoneng), Desa Cidolog (Cidolog), Desa Jayaraksa (Cimaragas), Desa Pamalayan (Cijeungjing),  Desa Cisadap, Kelurahan Benteng dan Kelurahan  Linggasari (Ciamis Kota) serta Desa Neglasari, Desa Sukajaya, Desa Margajaya, Desa Pasir Nagara dan Desa Kertahayu (Pamarican).

Sebenarnya, ada 12 kecamatan di Ciamis yang rawan krisis air bersih setiap musim kemarau.

Hal tersebut terungkap pada rapar koordinasi (rakor) kekeringan di lobi BPBD Ciamis, Kamis (8/8/2019) siang.

Rakor tersebut dihadiri Wakapolres Ciamis Kompol Lalu Wira Setiana, pejabat yang mewakili KOdim 0613 Ciamis, Dinas Pertanian, PUPR, Kimrum LH, Satpol PP Unigal, BUMN/Perbankan, PDAM, HMI, SPP, Baznas dan pihak lainnya.

Rakor yang dipimpin Asda II Pemkab Ciamis Dr H Wasdi Ijudin tersebut juga dihadiri wakil ketua sementara DPRD Ciamis, H Dede Herli serta 12 camat yang kecamatannya rawan air bersih setiap musim kemarau.

Ratusan Warga di Ciamis Antre di Sungai Saban Hari, Sudah 4 Bulan Kesulitan Dapatkan Air Bersih

BPBD KBB Tetapkan Siaga Kekeringan 1 Agustus-31 Oktober 2019, Siapkan 5 Tangki Angkut Air Bersih

Dari 12 desa/kelurahan yang sudah mengalami krisis air bersih tersebut baru 7 desa yang sudah mendapat bantuan air bersih yakni Desa Pamalayan (Cijeungjing), Desa Cisadap (Ciamis), Desa Neglasari,Sukajaya, Margajaya, Pasir Nagara dan Desa Kertahayu (Pamarican).

Lima desa/kelurahan lainnya belum mendapatkan bantuan air bersih yang didistribusikan BPBD Ciamis dan PDAM Tirta Galuh Ciamis sejak 3 Juli sampai 7 Agustus lalu.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Ciamis, Ani Supiani BPBD Ciamis dan PDAM Tirta Galuh baru mampu  menyalur  232.000 liter air bersih ke-7 desa di tiga kecamatan di atas.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved