Ridwan Kamil : Pertamina Harus Bertanggungjawab Penuh soal Tumpahan Minyak di Perairan Karawang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan Pertamina harus bertanggungjawab penuh atas tumpahan minyak

Ridwan Kamil : Pertamina Harus Bertanggungjawab Penuh soal Tumpahan Minyak di Perairan Karawang
Tribunjabar/Daniel Andreand Damanik
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Rabu (07/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan Pertamina harus bertanggungjawab penuh atas tumpahan minyak di perairan lepas pantai Karawang, Jawa Barat sejak 12 Juli 2019.

"Saya telah memanggil pihak Pertamina, Bupati Karawang, dan Sekda Bekasi. Intinya, Pertamina harus bertanggungjawab penuh terhadap semua hal. Dari segi bisnisnya, mulai dari ikan yang tidak bisa ditangkap, nelayan kehilangan mata pencaharian, kerusakan hutan bakau, dan lainnya," kata Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Rabu (7/8/2019).

Ridwan Kamil mengatakan pihak-pihak terkait harus berkomitmen menyelesaikan permasalahan tersebut 100 persen. Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berkoordinasi untuk memastikan agar tidak ada masyarakat Jabar yang hidupnya bermasalah atas peristiwa tersebut.

Hari ini, Rabu (7/8/2019) Ridwan Kamil bersama jajarannya bertolak menuju Karawang untuk meninjau langsung perairan Karawang yang terkena dampak tumpahan minyak.

Dulu Syekh Puji Kontroversial karena Nikahi Anak 12 Tahun, Begini Hidupnya Kini dengan Lutfiana Ulfa

"Saya akan ke sana (Karawang) apakah arahan tersebut sudah terlaksana atau tidak. Karena saya harus melaporkan kepada Presiden. Kita tidak ada yang menginginkan musibah, tapi jika dilanda musibah, harus punya rencana dengan baik dan selesai dengan cepat," kata Gubernur Jawa Barat.

Terkait masa tanggap darurat, Ridwan Kamil menjelaskan, penetapan tanggap darurat dilakukan jika tidak bisa diselesaikan. Sementara, hasil koordinasi dengan pihak terkait, permasalahan tersebut dijanjikan akan selesai dalam dua hingga tiga minggu mendatang.

Tumpahan minyak tersebut berlokasi tepat di lepas pantai Karawang pada 12 Juli 2019 tepatnya di sekitar anjungan YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ). Muncul gelembung gas dan tumpahan minyak ke perairan sekitar dua kilometer dari garis pantai pesisir utara Pulau Jawa.

Viral, Video Angin Puting Beliung di Limbangan Garut, Benda-benda Beterbangan, Warga Panik Berlarian

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved