Rentan Bencana Tsunami, SMP yang Berjarak 200 Meter dari Pantai Ini Sisipkan Materi Mitigasi

Rentan terjadi bencana tsunami, SMPN 1 Cibalong Kabupaten Garut yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai

Rentan Bencana Tsunami, SMP yang Berjarak 200 Meter dari Pantai Ini Sisipkan Materi Mitigasi
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Relawan bencana dari tim Ekpedisi Destana Tsunami melakukan sosialisasi mitigasi bencana di SMPN 1 Cibalong kepada para siswa, Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Rentan terjadi bencana tsunami, SMPN 1 Cibalong Kabupaten Garut yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai menyisipkan pelajaran mitigasi bencana. Namun sosialisasi dari sekolah masih dinilai kurang.

Kepala Sekolah SMPN 1 Cibalong, Ridwan menyebut saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), para siswa diberi materi mitigasi. Ridwan masih mengharapkan adanya bantuan simulasi penanganan bencana bagi para siswa.

"Siswa di sini kan rumahnya juga dekat ke pantai. Jadi sangat butuh simulasi bencana. Makanya kami selalu sisipkan materi mitigasi ini," ujar Ridwan di SMPN 1 Cibalong, Selasa (6/8/2019).

Selain simulasi, pihaknya juga akan mengajukan bantuan jalur evakuasi. Kedatangan tim ekspedisi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bisa membantu memberi pemahaman kepada para siswa dan guru.

"Kami akan koordinasi ke BPBD Garut dan BNPB biar dapat bantuan jalur evakuasi. Jadi kalau ada bencana, siswa dan guru bisa diarahkan ke belakang sekolah," ucapnya.

Gian Zola dan Billy Kerap Resmi Ikuti Pendidikan Polisi di SPN Polda Jabar, Tak Diistimewakan

Ia menambahkan, pintu belakang sekolah butuh diperlebar sebagai jalan evakuasi. Jalan tersebut bisa membantu mempercepat proses evakuasi ketimbang memakai jalan utama.

"Kami juga sudah undang Satpolair Polres Garut untuk kasih materi antisipasi bencana ke siswa. Bukan hanya soal bencana saja, tapi agar siswa hati-hati juga saat berada di pantai," katanya.

Aktivis Jalanan Kota Bandung Ini Mampu Kalahkan Basaria Panjaitan, Lolos Tes Psikologi Capim KPK

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved