Rektor Terpilih Harus Bisa Memikirkan Bagaimana ITB 100 Tahun ke Depan

Rektor ITB 2020-2025 harus bisa memikirkan bagaimana ITB 100 tahun ke depan. Dilantik saat ITB berusia seabad.

Rektor Terpilih Harus Bisa Memikirkan Bagaimana ITB 100 Tahun ke Depan
rektorkita.itb.ac.id
Pemilihan rektor ( Pilrek) ITB untuk periode 2020 - 2025 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meski masa jabatan rektor ITB hanya lima tahun tapi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro berharap rektor ITB terpilih untuk periode 2020-2025 akan bisa berpikir untuk ITB 100 tahun ke depan.

Menurutnya, pada masa pelantikan yang dilakukan pada tahun 2020, ITB tepat berumur satu abad.

Berusia 100 tahun itu, kata Yani, telah dilalui oleh ITB dengan baik maka rektor ke depannya harus menghasilkan hal yang lebih baik lagi.

Hal itu dikatakan oleh Yani Panigoro saat menggelar konferensi pers mengenai pendaftaran calon rektor untuk pemilihan rektor ITB 2020-2025.

"Jadi rektor ITB terpilih nanti itu harus bisa memikirkan ITB 100 tahun ke depan seperti apa, kedengarannya sih masa iya, tapi 100 tahun ini sudah dilalui oleh ITB dengan baik," kata Yani Panigoro di Gedung Annex ITB, Tamansari, Kota Bandung Selasa (6/8/2019).

Selain itu, waktu yang telah dilewati ITB sejak 1920 itu menjadi sangat emosional karena sudah menghasilkan banyak bagi bangsa.

Ini termasuk para alumni yang telah mencapai 100 ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro saat menggelar konferensi pers di Gedung Annex ITB, Tamansari, Bandung pada Selasa (6/8/2019).
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro saat menggelar konferensi pers di Gedung Annex ITB, Tamansari, Bandung pada Selasa (6/8/2019). (Tribun Jabar/Haryanto)

Para alumni lulusan ITB ini termasuk alumni terbaik, bahkan telah banyak menginsipirasi bangsa.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi rektor ITB terpilih untuk menghasilkan alumni terbaik pula.

"Oleh karena itu ITB sudah banyak menghasilkan banyak untuk bangsa ini, salah satunya presiden pertama Indonesia, sangat legendaris yang menjadi founder Indonesia lulusan ITB," ucapnya.

Selain itu, Yani mengatakan pada periode kepemimpinan rektor ITB saat ini, Kadarsah Suryadi sudah banyak kemajuan yang telah tercapai di bidang akademik maupun non-akademik.

Termasuk pengembangan kampus ITB di lokasi lain seperti di Jatinangor dan Cirebon serta gagasan lokasi kampus di Walubi yang telah dimulai sejak 2010.

ITB ke depannya harus memperhatikan secara serius pada perkembangan global, khususnya era industri 4.0 yang harus diantisipasi.

"Di era industri 4.0 yang harus diantisipasi secara pro-aktif dan serius, sehingga ITB tetap dapat berkontribusi dan memanfaatkannya demi kemajuan dan keutuhan NKRI," ujar dia.

Calon Rektor ITB Harus Penuhi Syarat Ini, Tidak Harus Alumni ITB

ITB Buka Pendaftaran Calon Rektor, Siapapun Bisa Ikut dan Berikut Persyaratannya

Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved