Calon Rektor ITB Harus Penuhi Syarat Ini, Tidak Harus Alumni ITB

Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar tahapan Pemilihan Rektor (Pilrep) 2020-2025.

Calon Rektor ITB Harus Penuhi Syarat Ini, Tidak Harus Alumni ITB
Tribun Jabar/Haryanto
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro saat menggelar konferensi pers di Gedung Annex ITB, Tamansari, Bandung pada Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar tahapan Pemilihan Rektor (Pilrek) 2020-2025.

Hal ini dikarenakan masa bakti Kadarsah Suryadi sebagai Rektor ITB periode 2015-2020, berakhir pada 20 Januari 2020.

Pendaftaran calon rektor yang bisa diikuti oleh siapapun itu telah dibuka pada Senin (5/8/2019) dan berakhir pada Jumat (30/8/2019).

Sekretaris Eksekutif MWA ITB, Benhard Sitohang, mengatakan bahwa meski siapapun bisa mendaftarkan diri, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Satu di antaranya adalah surat pernyataan diri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), rekam jejak, hingga surat pernyataan yang ditulis tangan. Surat tersebut harus disertai materai.

Syarat-syarat tersebut dijelaskan oleh Benhard pada saat konferensi pers yang digelar di Gedung Annex ITB, Tamansari, Bandung pada Selasa (6/8/2019).

"Syarat administratif calon rektor ini ialah surat pernyataan diri yang bermaterai berisi kesetiaan pada Pancasila dan NKRI, kesediaan untuk mengikuti semua proses secara lengkap dan kesediaan menjadi rektor kalau terpilih," kata Benhard menjelaskan.

Cuaca Buruk di Majalengka, Wisata Paralayang Jenis Tandem Tak Dapat Beroperasi

Selain itu, dia mengatakan bahwa calon rektor ITB yang mendaftar harus belum pernah terlibat dan bebas masalah pidana dan lainnya dari keputusan pengadilan.

Ada pula salah satu syarat terpenting juga ialah nonpartisan, bukan anggota atau pengurus partai ataupun afiliasinya serta organisasi masyarakat yang tidak berasaskan Pancasila.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved