Bakal Ada Rektor Asing Pimpin ITB? Ini Jawaban Ketua Majelis Wali Amanat Soal Pemilihan Rektor

Bakal ada rektor asing terpilih pimpin ITB? Ini jawaban Ketua MWA soal pemilihan rektor.

Bakal Ada Rektor Asing Pimpin ITB? Ini Jawaban Ketua Majelis Wali Amanat Soal Pemilihan Rektor
Tribun Jabar/Haryanto
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro saat menggelar konferensi pers di Gedung Annex ITB, Tamansari, Bandung pada Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meski tidak harus sebagai alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), ada berbagai syarat untuk menjadi rektor ITB yang harus dipenuhi.

Para calon rektor ITB untuk periode 2020-2025 itu salah satu syaratnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Syarat tersebut cukup bertentangan dengan wacana terbaru Menristek Dikti, M Nasir.

Wacana tersebut ialah mendatangkan atau menggunakan rektor asing untuk perguruan tinggi, yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro mengatakan pihaknya saat ini masih mengacu pada aturan yang berlaku.

Khususnya aturan yang dibuat oleh pihaknya yaitu peraturan MWA nomor 004/PER/I1.MWA/OT/2019 tentang Pedoman dan Tata Cara Pendaftaran Calon untuk Pilrek 2020-2025.

Aturan terkait penggunaan rektor asing pun hingga saat ini masih belum jelas, tapi ITB dalam waktu dekat harus sudah menggelar pemilihan rektor (Pilrek).

Oleh karena itu, pihaknya tidak bisa menunggu wacana dari Menristek Dikti itu direalisasikan, mengingat aturan pergantian Rektor ITB harus segera dilakukan.

Pemilihan rektor ( Pilrek) ITB untuk periode 2020 - 2025
Pemilihan rektor ( Pilrek) ITB untuk periode 2020 - 2025 (rektorkita.itb.ac.id)

"Rektor ITB yang baru harus dilantik pada 20 Januari 2020, rektor terpilih harus tiga bulan sebelum pelantikan. Jadi kami harus mulai sekarang, isu (penggunaan rektor asing) yang disebutkan tadi harus ada dasar aturannya (terlebih dahulu)," kata Yani Panigoro saat konferensi pers yang digelar di Gedung Annex, Tamansari, Bandung, Selasa (6/8/2019).

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved